Sekda Seluma, Irihadi

PedomanBengkulu.com, Seluma- Menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait aset Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Seluma Berkah (TSB) maka Pemkab Seluma akan melakukan pendataan seluruh aset PDAM.

“Saat ini PDAM tersebut memang sedang tidak beroperasi. Karena kemaren ada temuan, nanti Kita akan melakukan pendataan aset yang ada di PDAM,” kata Sekda Seluma, Irihadi kepada wartawan, Rabu 3 Juli 2019.

Disampaikannya, setelah dilakukan pendataan nanti akan digelar rapat bersama. Dengan itu nanti akan diambil langkah terhadap keputusan apakah PDAM di nonaktifkan sementara dan Peraturan daerah penyertaan modal dicabut atau tidak.

“Nanti kita lihat, dan akan kita rapatkan lagi apakah dinonaktifkan sementara atau di UPTD kan ke dinas PUPR. Kemudian terkait dengan Perda Penyertaan modal akan dicabut,” jelas Sekda.

Diketahui, saat ini PDAM Tirta Seluma berkah sedang vakum. Bahkan Dirut PDAM terpilih sebelumnya telah mengundurkan diri dan karyawan PDAM telah dibubarkan.

Perlu diketahui Pemda Seluma mengalokasikan anggaran untuk investasi jangka panjang sebesar Rp16, 9 miliar ke PT Bank Bengkulu dan PDAM Tirta Seluma Berkah pada tahun 2018. Pemda mengalokasikan anggaran tersebut sebagai aset yang berupa investasi jangka panjang. [YD]