IST/Almarhum Sutopo Purwo Nugroho

Kabar duka datang dari Tiongkok. Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di negeri tirai bambu tersebut saat melakukan pengobatan.

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou pada Minggu (7/7/2019). Menurut keterangan tertulis Humas BNPB yang diterima media, Minggu, Sutopo meninggal sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB.

Telah Berpulang ke Rahmatullah Bapak Sutopo Purwo Nugroho, pada hari Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB,” demikian keterangan Humas BNPB. Kabar meninggalnya Sutopo diterima Humas BNPB dari pihak keluarga, yaitu istri Sutopo

Sutopo meninggal dunia saat sedang menjalani pengobatan di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, sejak 15 Juni 2019. Kanker yang diderita Sutopo telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh. Sutopo divonis mengidap kanker paru-paru pada Desember 2017. Sejak saat itu, menurut keterangan Humas BNPB, Sutopo tetap gigih berobat dan terus bekerja untuk menginformasikan kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga pertengahan 2019. Di tengah sakit yang dideritanya, Sutopo masih sempat melakukan konferensi pers secara berkelanjutan saat bencana gempa bumi Lombok dan gempa bumi Palu.

Kami, kita, semua merasa kehilangan Pak Sutopo. Sosok yang terdepan dan gigih dalam menyampaikan informasi bencana di Indonesia,” tulis Humas BNPB.

Sutopo sendiri memang dikenal pekerja keras dan penuh tanggung jawab dalam mengirfomasikan setiap kejadian bencana yang melanda negeri ini. Selamat jalan pak sutopo semoga jasamu menjadi pahala dan sikapmu menjadi tauladan bagi semua. [Yusuf]