PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Banjir yang sering terjadi setiap tahun di Kota Bengkulu, Komunitas Peduli DAS akan menyelenggarakan talk show pada hari Jumat (19/7/2019) di Bencoolen Hotspot, Ex Water Boom Bencoolen Mall.

Juru Bicara Komunitas Peduli DAS (KPD), Edy Prasetyo mengatakan bahwa akhir-akhir ini sering terjadi banjir di Kota Bengkulu itu semakin menghawatirkan.

“Semakin menghawatirkan yang terjadi di akhir-akhir ini, Kota Bengkulu sering banjir akibat rusaknya DAS Air Bengkulu, baik di hulu, di tengah dan di hilir,” kata Edy, Kamis (18/7/2019).

Menurut Edy, pengelolaan DAS oleh pemerintah saat ini masih melakukan secara parsial di masing-masing sektor sehingga belum menunjukkan hasil signifikan dalam perbaikan DAS.

“Pengelolaan DAS oleh pemerintah saat ini masih melakukan secara parsial sehingga belum menunjukkan hasil signifikan,” kata Edy.

Lanjut Edi, dalam pengelolaan DAS haruslah secara terpadu yang melibatkan seluruh komponen dan sektor yang ada, adalah kunci dari pemulihan DAS.

“Melibatkan komponen secara terpadu dalam pengolaan Das adalag kunci pemulihan DAS,” kata Edy.

Edy mengatakan bahwa dalam rangka pemulihan DAS Kota Bengkulu pihaknya akan membuat talk show dengan tema ‘Banjir Kota dan Pengelolaan DAS Air Bengkulu’

“Ini dalam rangka pemulihan DAS Bengkulu,” kata Edy.

Sementara untuk pembicara, kata Edi akan menghadirkan Akademisi UNIB M Fajrin Hidayat dan kepala BPDAS-HL Bengkulu, Irpana Nur untuk ini akan mengupas mengenai hal tersebut.

Lanjut Edy, talk show ini akan juga akan dihadiri Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah sebagai Pembicara.

“Pak Gubernur juga insyaAllah akan hadir jadi pembicara,” kata Edy.

Edy berharap dari talk show tersebut akan kita dapatkan kesepahaman dalam pengelolaan DAS Air Bengkulu kedepannya.

Diketahui, talk show ini akan dimulai pukul 19.00WIB hingga selesai di Bencoolen Hotspot, Ex Water Boom Bencoolen Mall. [Medi Muamar]