Ilustrasi

PedomanBengkulu.com, Seluma – Mantan Kepala Desa Suban, Kecamatan Semidang Alas mengembalikan uang Rp132 juta ke Kas Daerah. Hal ini setelah Audit Inspektorat terkait DD Semidang Alas tahun 2018. Akibat temuan tersebut membuat Desa Suban belum bisa mencairkan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa tahun 2019.

Inspektur Pembantu (Irban III) Inspektorat Seluma, Hamdani kepada Wartawan mengatakan, uang Rp132 juta tersebut saat ini sudah dikembalikan oleh kades. Sehingga Anggaran DD tahun 2019 desa yang sebelumnya ditunda saat ini sudah bisa dicairkan.

“Temauan dan hasil audit kita sudah ditindaklanjuti dan dikembalikan secara penuh oleh Mantan Kades Desa Suban ke rekening daerah dan salinan sudah diteruskan ke Inspektorat dan PMD. Laporannya sudah kita sampaikan sehingga desa sudah bisa menggunakan DD dan ADDnya untuk peningkatan fisik desa,” kata Hamdani, Senin 1 Juli 2019.

Disampaikan, temuan 132 Juta dari hasil audit tersebut telah melalui tahapan panjang. Termasuk melakukan pemeriksaan serta melakukan pengecekan fisik pembangunan tahun 2018 tersebut ke desa. Namun, pengecekan tidak menyertakan tenaga ahli melainkan berdasarkan tim saja. Serta diperkuat dengan pengakuan dari terperiksa beberapa waktu lalu.

“Temuan ini berasal dari pembangunan fisik di desa tersebut,” ujarnya singkat.

Sementara itu, sekalipun sudah dikembalikan ke rekening daerah. Inspektorat tetap akan melakukan pengawasan dan memonitor atas pembangunan fisik di Desa Suban tersebut. Termasuk akan memberikan pendampingan agar tidak lagi terjadi penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD).

“Kita tetap pantau dan memberikan pendampingan agar tidak salah kembali,”ujarnya. [YD]