PedomanBengkulu.com, Seluma – Akibat mengalami kerusakan berat kurang lebih satu tahun terakhir, Kelapa Desa Simpang kembalikan Kendaraan Dinas ke Dinas Perumahan dan kawasan Permukiman(Perkim) kabupaten Seluma. Dengan kondisi sudah memprihatinkan.

Kepala Desa Desa Simpang Kecamatan Seluma Utara, Aldi Jaya mengatakan, kendaraan operasional kades pengadaan tahun 2009, yang sudah dipakai dua orang kades. Dirinya baru menggunakan pada tahun 2016 lalu. Sebelumnya dengan Kades Selinsingan

“Kita kembalikan ke dinas, karena untuk anggaran memperbaikinya cukup besar yang dibutuhkan, Kita memang sudah diberikan mobil baru, hanya saja tidak dobol garden dan jelas tidak bisa di bawa ke desa sehingga ditukar saja dengan kendaraan lainnya, ”kata Kades kepada wartawan. Selasa 09 Juli 2019.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan kawasan Permukiman (Perkim) kabupaten Seluma, Erlan Suadi membenarkan dengan kendaraan dinas yang di serahkan oleh kades sudah mengalami kerusakan berat. Untuk saat ini masih banyak kendaraan operasional kades khususnya yang plat merah, tahun pemberian 2010, 2011 dan 2012 hingga 2013 mengalami kerusakan berat.

“Masih banyak kendaraan operasional kades ini yang sudah rusak dan tidak terawat lagi. Pastinya akan kita kandangkan terlebih dahulu,” ujar Erlan.

Menurutnya, kendaraan dinas Kades yang bersumber dari dana DAK ini tidaklah bisa di manfaatklan lagi. Melainkan hanya menjadi besi buruk. Termasuk untuk dilakukan lelang juga tidak bisa karena aturan menegaskan.

“Mau tidak mau jika ingin mengidupkannya lagi jelas butuh banyak biaya dan dilelang tidak dibenarkan. Salah satunya adalah menjadi besi tua saja di Perkim ini,” sampai erlan. [YD]