PedomanBengkulu.com, Bengkulu
Terkait usulan nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang sebelumnya rencana diserahkan munggu ini, masih tertunda. Dua nama Cawagub tersebut yakni Muslihan dan Dedy Ermansyah.

Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyahputra Sambiring mengatakan bahwa penundaan penyerahan nama Cawagub tersebut dengan alasan Gubernur masih berada di luar negeri.

“Usulan dua nama cawagub masih belum diserahkan. Kita masih menunggu Gubernur pulang dari luar negeri,” kata Usin, Jumat (5/7/2019).

Lanjut Usin, penyampaian usulan dua nama Cawagub hasil kesepakatan empat Partai Politik (Parpol) pengusung ke Gubernur tidak bisa di wakilkan. Empat Parpol tersebut yakni Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB dan PKPI.

“Usulan dua nama Cawagub itu harus kita serahkan langsung kepada Gubernur, tidak boleh diwakilkan,” kata Usin.

Sementara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu dua nama Cawagub.

“Kita sifatnya menunggu usulan dua nama tersebut dari Gubernur. Jika sudah diserahkan barulah proses untuk pemilihan,” kata Ihsan Fajri.

Sebelumnya, DPRD Provinsi Bengkulu juga akan mempersiapkan Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas teknis pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub).

Pansus ini berguna untuk mencari formulasi tatib pemilihan sendiri, dengan melakukan studi banding ke daerah daerah. Tidak menutup kemungkinan juga akan berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sedangkan anggota Pansus ini bakal terdiri dari beberapa fraksi yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasdem, Fraksi Keadilan Pembangunnan dan Fraksi Kebangkitan Nurani. [Medi Muamar]