PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Terkait usulan nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang sebelumnya rencana diserahkan Gubernur munggu kemarin, akhirnya diserahkan pada Selasa malam (10/7/2019) di Rumah Dinas Wakil Gubernur. Dua nama Cawagub tersebut yakni Muslihan dan Dedy Ermansyah.

“Ya usulan nama cawagub sudah saya terima tadi malam,” ungkap Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Rabu (10/7/2019).

Lanjut Rohidin, mengatakan bahwa berdasarkan peraturan yang ada, tidak ada persoalan lagi atas usulan nama Cawagub yang diserahkan empat parpol pengusung. Empat Parpol tersebut yakni Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB dan PKPI.

Tambah Rohidin, usulannya dua nama itu sudah pas menurut perundang-undangan dan, yang kemudian akan sampaikan ke DPRD Provinsi untuk ditindaklanjuti.

“Dalam waktu dekat, akan saya sampaikan ke DPRD Provinsi untuk dilakukan pemilihan,” kata Rohidin.

Sementara, Ketua DPW PKB Propinsi Bengkulu Herliardo setelah rekomendasi tersebut diserahkan ke Gubernur untuk menindaklanjuti tahapan selanjutnya ke DPRD Propinsi Bengkulu.

“Setelah diserahkan ke Gubernur, akan ditindaklanjuti ke DPRD Provinsi,” kata Herliardo.

Sekretaris DPD HANURA Propinsi Bengkulu Usin Abdisyah juga menyampaikan, dalam waktu dekat Gubernur menyampaikan ke DPRD Propinsi Bengkulu.

“Insya Allah dalam waktu dekat Gubernur menyampaikan ke DPRD Propinsi,” kata Usin.

Menurut Usin, kedua calon tersebut adalah putra terbaik propinsi bengkulu. Usin berharap bahwa pengalaman kedua calon Wagub tersebut bisa membantu gubernur dalam mewujudkan visi dan misi gubernur serta mendahulukan kepentingan rakyat di Propinsi Bengkulu dan mengangkat derajat propinsi bengkulu dengan Propinsi lainnya.

“Pengalaman kedua Calon Wagub semoga bisa membantu Gubernur dalam mewujudkan visi dan misi gubernur,” kata Usin.

Sebelumnya, DPRD Provinsi Bengkulu juga akan mempersiapkan Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas teknis pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub).

Pansus ini berguna untuk mencari formulasi tatib pemilihan sendiri, dengan melakukan studi banding ke daerah daerah. Tidak menutup kemungkinan juga akan berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sedangkan anggota Pansus ini bakal terdiri dari beberapa fraksi yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasdem, Fraksi Keadilan Pembangunnan dan Fraksi Kebangkitan Nurani. [Medi Muamar]