PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu akhirnya resmi membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Wakil Wubernur (Pilwagub) pada saat rapat Paripurna ke-9 masa persidangan ke-ll tahun 2019, Selasa (30/7/2019).

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ikhsan Fajri yang membahas langsung mekanisme pemilihan Pansel Pemilihan Wagub.

Diketahui, Pansel yang dibentuk sebanyak 17 orang dari perwakilan setiap fraksi yang ada di DPRD Provinsi Bengkulu.

Fraksi PDI 3 orang, fraksi Demokrat 2 orang, fraksi Gerindra 2 orang, fraksi Golkar 2 orang, fraksi PAN 2 orang, fraksi Nasdem 2 orang, fraksi Kebangkitan Nurani 2 orang dan fraksi Keadilan Pembangunan 2 orang.

Dari hasil rapat Pansel tersebut, dipilih sebagai Ketua Pansel Pilihan Wagub yaitu Khairul Anwar dari PDI dan Wakil ketua Jonaidi dari Gerindra.

Saat diwawancara Khairul mengatakan akan segera melakukan rapat Pansel untuk menentukan jadwal dalam Pemilihan Wagub.

“Hari ini kita akan langsung melakukan rapat menentukan waktu kapan dilaksanakan Pemilihan Wagub, kita akan bergerak cepat agar proses ini segera selesai sesuai mekanisme dan peraturan yang ada,” jelas Khairul Anwar saat memberi keterangan.

Lanjut Khairul Anwar dalam pemilihan nanti dua kandidat akan menyampaikan visi misi di depan anggota DPRD Provinsi Bengkulu.

“Sesuai mekanisme nantinya dua calon tetap menyampaikan visi misi di depan anggota DPRD Provinsi Bengkulu sesuai dengan visi misi yang diusung pasangan Ridwan Mukti-Rohidin mersyah saat Pilkada. Kami nanti tidak melakukan studi banding Pansel Pilwagub ini, namun nanti tetap berkoordinasi dengan Kementerian dalam negeri,” papar khairul Anwar kepada media.

Baca: Nama Cawagub Diserahkan ke DPRD Provinsi

Diketahui sebelumnya, pada hari Senin (29/7/2019) kemarin Asisten l Pemerintah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri telah menyerahkan surat usulan nama Cawagub sesuai dengan arahan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ke DPRD Provinsi Bengkulu. [Yusuf]

Berikut daftar nama Pansel Pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu :

Ketua : Khairul Anwar

Wakil Ketua : Jonaidi

Anggota :
1. Helmi Paman
2. Agung Gatam
3. Irwan Iriyadi
4. Mulyadi Usman
5. Raharjo Sudiro
6. Parial
7. Inzani Muhammad
8. Tantawi Dali
9. Darman
10. Jauhari Salim
11. Siption Muhadi
12. Maras Usman
13. Sefti Yuslinah
14. Bambang Suseno
15. Muharamin