PedomanBengkulu.com, Seluma- Guna untuk menijau keberadaan salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Seluma, sungai “Cughup Endap” yang berlokasi di desa Tanjung Agung Kecamatan Seluma Barat. Ikatan Pemuda Seluma Barat (IPSB) kembali melakukan peninjauan untuk melestarikan dan membangun secara swadaya.

“Cughup Endap” merupakan salah satu sungai dengan air terjun yang terlalu tinggi. Namun, airnya jernih serta bersih, di lokasi wisata alam ini sangat bagus untuk Flying Fox, Kano. Tak hanya itu karena airnya yang cukup luas mencapai 20 meter ini, bisa digunakan untuk permainan anak-anak, seperti bebek-bebek dan rakit maulun perahu. Lokasi yang hanya memakan waktu 4 menit saja dari desa Tanjung Agung, dan motorpun bisa sampai kelokasi tersebut.

Ketua IPSB Seluma, Sandi Egi mengatakan, rombongan sudah kembali melakukan peninjauan ke “Cughup Endap”yang ditemani oleh Kades desa Tanjung Agung bersama tim Delegasi Himsel dan Sau dari Tenaga Penggerak Pelopor Pemuda dan Olahraga (TP2PORA).

“Rencananya kades, IPSB, karang taruna, Tp2pora akan membangun secara gotong royong terlebih dahulu dan mengerjakan apa yg bisa dicapai dengan secara swadaya. Namun selain itu juga tetap akan meminta bantuan yg terkait dalam bidangnya untuk bisa membantu mengembangkan wisata ini,” ujar Sandi.

Sandi berharap, semoga dengan potensi yg ada disini insyaallah kedepan bisa diwujudkan untuk tempat berwisata disaat lelah dan penat pekerjaan, maupun pusing akibat skripsi yang tak kunjung rampung, kami pun IPSB akan sangat siap memandu dan menyambut baik rekan rekan yg ingin berkunjung dari luar maupun dalam seluma sendiri.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Agung, Rudi Hartono mengatakan, dirinya bersama tim yang lain masih mengupayakan untuk mewujudkan wisata alam “cughup endap” untuk dapat menarik minat wisatawan untuk berkreasi di sini.

“Kami pun selaku pemerintah desa mengapresiasi IPSB yang tetap mendukung sepenuhnya untuk terbentuknya wisata ini,” jelas Kades.

Disampaikan juga, Risen lubis(28) fasilitator tenaga penggerak pemuda pelopor( TP2PORA ), mengatakan, pihaknya akan terus mengupayakan potensi ini bisa di kelolalah secara maksimal oleh pemuda. dirinya juga mengucapa terimakasih banyak kepada kepala desa, karang taruna Tanjung Agung dan IPSB yang telah siap bekerjasama dalam penggarapan potensi Air terjun Cughup endap ini.

“Rencananya potensi wisata ini akan dikerjakan secara gotong royong oleh pemuda. Disamping itu saya sebagai fasilitator akan terus mengkomunikasikan kepada dinas terkait mengenai potensi alam ini,” jelasnya. [YD]