PedomanBengkulu.com, Bengkulu Selatan – Realisasi penerimaan Pajak Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun anggaran 2018 melebihi target. Sementara Retribusi daerah tidak mencapai target. Terhadap kedua hal tersebut, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi meminta kepada Sekretaris Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah melakukan evaluasi.

“Membaca laporan ini tadi saya minta Sekda dan OPD melakukan evaluasi. Terutama pajak daerah yang melebihi target, jangan-jangan memang targetnya terlalu kecil dan tidak sesuai dengan potensi. Sehingga perlu dievaluasi penetapan target, target ke depan minimal senilai capaian atau realisasi yang ada ini,” tegas Gusnan saat menyampaikan penjelasan terhadap rancangan Pperda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati tahun anggaran 2018 di hadapan paripurna DPRD Bengkulu Selatan, Senin (1/7/2019).

Bukan hanya penerimaan yang over target, Bupati juga meminta evaluasi beberapa item pajak dan retribusi daerah yang tidak mencapai target.

“Dengan adanya evaluasi setiap penerimaan dan pendapatan maka dapat diketahuo faktor-faktor yang menjadi penghambat dan penyebab tidak tercapainya target penerimaan yang telah ditetapkan. Sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah agar kegagalan tersebut tidak terulang lagi,” jelas Gusnan.

Beberapa pajak dan retribusi daerah yang mencapai target yakni Pajak Restoran (124%), Pajak Hiburan (100%)9 Pajak Reklame (108%), Pajak Penerangan Jalan (151%), pajak BPHTB (129%), retribusi sampah (105%), retribusi pelayanan kesehatan (137%) dan retribusi parkir di pinggir jalan raya (117%).

Sementara beberapa pajak dan retribusi daerah yang tidak mencapai target diantaranya Pajak Hotel, Pajak Mineral bukan logam dan batuan, Pajak Bumi dan Bangunan, retribusi pasae, retribusi rumah potong hewan, retribusi balai benij, IMB dan lainnya.

Secara umum dari target anggaran pajak daerah sebesar Rp7,76 Miliar realisasinya melampaui target yakni Rp9,69 Miliar atau 124,79 persen.

Paripurna dewan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Yevri Sudianto. Turut hadir FKPD, Sekda dan pejabat lainnya serta wakil-wakil ketua dan anggota DPRD. [Apdian Utama]