PedomanBengkulu, Seluma – Penetapan 30 caleg terpilih Kabupaten Seluma pada pemilu 17 April lalu, akan ditetapkan setelah KPU Seluma mendapati surat perintah dari KPU RI.

“Kita masih menunggu surat KPU RI tetang surat penundaan kemaren, belum tau kapan akan ditetapkan. Sudah ada surat penjelasan KPU RI baru kita tetapkan,” kata Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi, Selasa 16 Juli 2019.

Disampaikannya, Penundaan penetapan 30 anggota DPRD terpilih ini, akibat belum ada surat resmi Buku Regristasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang diberikan ke KPU RI.

“Hingga saat ini belum ada surat nomor register dari MK. Jadi belum bisa ditetapkan, nanti kalau sudah ada perintah dari KPU RI baru kita tetapkan” jelas Sarjan.

Ditambahkannya, KPU Seluma akan menyampaikan rekomendasi ke Gubernur Bengkulu terkait nama-nama 30 anggota DPRD terpilih melalui Bupati Seluma, baru nanti bisa mengusulkan pelantikan.

“Setelah penetapan, baru kita sampaikan nama-nama calon terpilih. kita sampaikan rekomendasi ke gubernur melalui Bupati Seluma,” beber Sarjan.

Diketahui, masa jabatan anggota DPRD Seluma periode 2014-2019 berakhir pada 27 Agustus, sehingga proses pelantikan DPRD terpilih periode 2019-2024 masih akan menunggu proses penetapan dan pengajuan oleh pihak KPU Seluma. Dengan itu apa bila penetapan dilaksanakan memasuki bulan agustus dipastikan pelantikan akan tertunda. [YD]