PedomanBengkulu.com, Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), kabarnya akan me-reshuffle sejumlah menteri di Kabinet baru yang akan membantu pemerintahannya selama lima tahun ke depan.

Mengenai wacana reshuffle menteri ini, dikutip melalui detik.com bahwa Presiden Jokowi sudah mengantongi beberapa nama, namun belum memastikan kapan akan diumumkan. Hal tersebut, diungkapkan oleh Staf Khusus Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo.

“Secepatnya (diumumkan, red),” kata Budi Sapto Pribowo.

Hal tersebut membuat Sekretaris Jenderal Presedium Nasional Perhimpunan Pancasila, Edi Susilo ikut berkomentar terkait siapakah yang bakal mengisi jabatan menteri di kabinet yang baru terutama soal Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Edi mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi kali ini harus menunjukan sosok Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai komitmen kuat terhadap nilai-nilai kebangsaan.

“Sosok Menteri yang punya komitmen kuat terhadap nilai nilai kebangsaan adalah suatu keharusan, yang kemudian harus dijadikan landasan oleh Presiden Joko Widodo untuk di tempatkan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Edi saat dihubungi, Saptu (13/7/2019).

Lanjut Edi, dulu Bung Karno pernah berpesan pada pertemuan Gerakan Pembela Pancasila pada 17 Juni 1954 bahwa ‘aku minta kepadamu sekalian, untuk betul-betul menganjurkan hal pancasila ini kepada segenap rakyat agar supaya selamatlah negara kita ini’ mendengar apa yang disampaikan Bung Karno pada ceramah tersebut mengingatkan supaya bangsa ini selamat kita harus berpegang teguh terhadap Pancasila.

“Kita tahu bahwa selama dua dekade ini bangsa kita terjadi blank generation. generasi yang tak mengenal jadi diri bangsanya. Artinya ke depan dalam menunjuk menteri yang akan di tempatkan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Presiden harus mempunyai kriteria bahwa menteri tersebut mau dan mampu menerapkan nilai nilai Pancasila untuk di laksanakan dalam setiap jenjang pengajaran di Indonesia,” kata Edi.

Berdasarkan hal tersebut, Presidium Nasional Perhimpunan Pancasila meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk menunjuk siapapun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan harus memiliki kriteria.

“Kia minta kepada Presiden Jokowi untuk memilih Menteri terkhusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mau dan mampu Menerapkan Pancasila di setiap jenjang pendidikan di Indonesia serta memiliki Komitmen kebangsaaan yang kuat,” tutup Edi. [Medi Muamar]