PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah diselenggarakannya Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatera 2019 dengan tema ‘Peningkatan Peran Pulau Sumatera dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional’ yang dibuka di Balai Raya Semarak Provinsi Bengkulu, Senin (8/6/2019).

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam pidatonya menyampaikan bahwa Rakorgub se-Sumatera akan membahas beberapa isu, diantaranya adalah terkait konektivitas pulau Sumatera.

“Nanti ada beberapa yang akan dibahas, diantaranya konektivitas pulau Sumatera dan penguatan Komoditas pulau Sumatera,” kata Rohidin.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Ihsan Fajri menyampaikan bahwa tujuan dari Rakorgub se-Sumatera ini juga untuk mempercepat pembangunan ekonomi pulau Sumatera.

“Rakor Gubernur se-Sumatera bertujuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi Nasional,” kata Ihsan Fajri.

Diketahui, dalam pembukaan Rakorgub se-Sumatera ini dihadiri oleh Gubernur se-Sumatera, DPRD se-Sumatera, dan OPD di lingkungan Provinsi Bengkulu. [Medi Muamar]

Adapun pembahasan Rakorgub se-Sumatera ini akan membahas lima poin utama, antara lain:

1. Mendorong bersama seluruh Gubernur yang ada di Sumatera untuk menyambungkan atau mengoneksivitaskan antara Pulau Jawa dan Sumatera yaitu dengan membangun jembatan Selat Sunda.

2. Mendorong untuk mewujudkan konektivitas Tol laut di kawasan barat Pulau Sumatera, Samudra Hindia ini betul-betul menjadi solusi terhadap alur logistik dikawasan Sumatera, sehingga bisa mengendalikan inflasi menjadi lebih baik.

3. Mendorong bagaimana pertumbuhan Ekonomi di Sumatera itu lebih berkontibusi secara produktif bagi pertumbuhan Ekonomi Nasional dengan cara bagaimana memacu pertumbuhan kawasan-kawasan ekonomi baru.

4. Mendorong bagaimana Komoditas unggulan Sumatera itu betul-betul punya posisi tawar dan punya nilai ekonomi yang lebih besar.

5. Bekerjasama antar Provinsi terkait dengan kebutuhan–kebutuhan maupun arus logistik barang.