Para peserta Sekolah Jurnalistik Kerakyatan Angkatan Kedua berfoto bersama Pengurus Pedoman Bengkulu di Kantor media online tersebut, Rabu (10/7/2019).

Sekolah Jurnalistik Kerakyatan angkatan kedua resmi digelar. Hal ini tampak dari pertemuan perdana antara peserta terseleksi dengan jajaran pengurus sekolah ini di Kantor Pedoman Bengkulu, Jalan Ratu Agung No 24, Penurunan, Ratu Samban, Kota Bengkulu, Rabu (10/6/2019).

“Alhamdulillah antusiasme pendaftaran angkatan kedua ini cukup tinggi. Makanya kita seleksi lagi agar lebih efektif,” kata Pimpinan Redaksi sekaligus penanggungjawab Sekolah Jurnalistik Kerakyatan, Muammar.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Bengkulu ini menjelaskan, pada pertemuan perdana ini, para peserta diperkenalkan dengan Pedoman Bengkulu sebagai media online alternatif bagi warga Bengkulu.

“Semangatnya belum berubah, bagaimana publik bisa memiliki kemampuan jurnalistik sebagai bekal untuk membangun peradaban yang lebih baik melalui informasi-informasi yang cerdas dan mencerahkan,” ujar Muammar.

Pada angkatan kedua ini, tokoh pemuda bugis di Bengkulu itu melanjutkan, pihaknya menyederhanakan materi pembelajaran dengan fokus kepada sejarah dan perkembangan jurnalistik dan penulisan berita.

“Harapannya setelah lulus nanti peserta tahu bagaimana realitas media massa saat ini, tahu bagaimana cara menulis, dan tahu bahwa media punya tanggungjawab yang sama dengan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegas Muammar.

Muammar menambahkan, pada sekolah ini, peserta juga akan melakukan praktik lapangan secara langsung dalam rangka mengimplementasikan teori yang sudah didapat.

“Sehingga nanti setelah lulus peserta punya kemampuan praktis yang bisa dipakai baik untuk kepentingan perusahaan, organisasi, maupun untuk kepentingan pribadi. Jadi berbeda dengan angkatan pertama yang kebanyakan teori,” demikian Muammar.

Untuk diketahui, peserta sekolah ini merupakan hasil seleksi yang yang dibuka dari tanggal 19 hingga 30 Juni 2019 yang akan dimulai pada hari Jumat (12/6/2019), pukul 13.30 sampai 16.30 WIB dengan pertemua sekali setiap minggu selama tiga bulan. [Medi Muamar]

Berikut nama-nama yang terseleksi dalam daftar Sekolah Jurnalistik Kerakyatan angkatan kedua:

1. David Anugrah Pernama
2. Zolehan
3. Ahmad Komarul Falah
4. Riyo Nopinsyah
5. Nurul Fauziyah
6. Fery Hagles Ridwan
7. Arifin Safari S
8. Ade Rika Yulia
9. Metri Putra
10. Trya Faramita
11. Soprian Ardyanto
12. Maryo
14. Yusuf Sugiatno
15. Bayu Moni Belin
16. Gusti Pranata
17. Marthatian Hanzuniko
18. Herlonita Sari