PedomanBengkulu.com, Seluma – Pelaksana tugas Dinas Sosial Kabupaten Seluma, Ir Titik Sumila mengatakan, September tahun ini pihaknya akan menyalurkan Bantuan Sosial Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

BPNT merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu dan terdaftar dalam basis data terpadu Kementerian Sosial (Kemensos) bekerjasama dengan bank penyalur.

“September kita salurkan bantuan pangan non tunai dari Kemensos. Seperti ,beras dan telor, ” kata Titik Sumila kepada wartawan, Jumat 19 Juli 2019.

Disampaikannya, Penyaluran BPNT ini berbentuk kartu dengan menggunakan Electronic Data Capture (EDC). Data BDT Seluma saat ini 16.366, hanya saja nanti akan dilakukan verifikasi, setelah itu baru dicetakkan Kartu oleh Bank penyalur.

“Nanti kita terbitkan SK dulu, setelah itu langsung ke Bank BRI sebagai Bank penyalur untuk cetak kartu,” jelas Titik.

Ditambahkannya, setelah kartu BPNT sudah dicetak, bantuan akan dibagikan melalui Elektronik-Warong yang sudah ada mesin EDCnya di setiap wilayah. Sedangkan untuk Kabupaten Seluma itu ada 62 E- Warong.

“Pembagian bantuan nanti itu di E-Warong yang sudah disediakan tidak boleh ditempat lain, dengan menggunakan kartu BPNT ke mesin EDC. E-warong itu sendiri kita bagi perwilayah, sebanyak 62 E-warong sekabupaten Seluma, “ujar Titik. [YD]