PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi menggelar Rapat Paripurna terkait jawaban atas pandangan fraksi-fraksi DPRD Provinsi, di Aula Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu.

Jawaban pandangan tersebut, dibacakan langsung pihak eksekutif yang dibacakan oleh Asisten lll Gotri Suyanto mewakili Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang sedang melakukan kunjungan kerja diluar daerah.

Pada saat memberikan pandangan umum, Fraksi-fraksi banyak yang mengkritik besarnya SILPA. Besaran SILPA tersebut mencapai angka 213 miliar.

Dalam hal ini, Asisten lll Gotri Suyanto sebagai Pihak Eksekutif mengatakan bahwa mengenai besarnya angka SILPA, masih adanya kegiatan kegiatan yang tertunda.

“Pernyataan mengenai angka SILPA yang berada di angka 213 milyar atau serapan mencapai sekitar 89%. Kami sepakat untuk mendorong peningkatan kinerja OPD dengan harapan mengurangi besarnya SILPA,” kata Gotri suyanto saat membacakan jawaban eksekutif.

“Kami sangat setuju, saat ini aset-aset yang berpotensi meningkatkan PAD sedang dalam prosea rehabilitasi, diantaranya pembangunan sarana dan prasarana pendukung di kawasan wisata Pantai Panjang,” lanjutnya.

Terkait tertundanya beberapa pelaksanaan insfrastruktur, Gotri Suyanto mengatakan bahwa pelaksanaan pembangunan infrastruk terhambat karena adanya OPD yang belum maksimal berinovasi mengoptimalkan potensi daerah serta belum ada keseriusan Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan PAD sehingga tertundanya pelaksanaan pembangunan tersebut.

“Kami menyadari bahwa lambat/tertunda/gagal dalam pelaksanaan pembangunan insfrastruktur, pemerintah Provinsi telah mengupayakan peningkatan kuitas SDM OPD pengelola yang menangani pembangunan infrastruktur dengan harapan kedepan bisa terlaksananya pembangunan infrastruktur sesuai yang kita harapkan bersama,” kata Gotri Suyono.

Sebelum mengakhiri pembacaan jawabannya, sebagai pihak eksekutif ini, bahwa terhadap raperda Provinsi Bengkulu kepada pihak legislatif, dalam pembacaannya, ia mengharapkan jawaban tersebut sudah mencakup semua pandangan Fraksi-fraksi.

“Demikian jawaban, tanggapan dan penjelasan yang kami sampaikan, dengan harapan kiranya jawaban ini dapat menjawab semua pertanyaan, saran dan himbauan yang termuat dalam pandangan umum para anggota dewan yang terhormat. Apabila masih ada hal-hal yang memerlukan uraian lebih rinci dan diperlukan jawaban dapat dibahas dalam pertemuan dengan komisi-komisi maupun forum lainnya,” tutup Gotri Suyanto. [Yusuf]