PedomanBengkulu.com, Seluma – BPJS Kesehatan Kabupaten Seluma melakukan sosialisasi JKN-KIS ke Desa Taba kecamatan Talo Kecil Seluma, Rabu (17/07). Karena berjarak satu setengah jam dari Kantor layanan Operasional Kabupaten Seluma, sosialisasi Program JKN KIS ini pun mendapat antusias yang besar dari warga desa Taba. Masyarakat pun banyak yang mengusulkan agar Petugas BPJS Kesehatan kembali datang ke desanya untuk membuka pendaftaran BPJS Kesehatan PBPU atau Mandiri dan perbaikan kartu salah identitas.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Seluma Ricco Hanggara menjelaskan, regulasi Program JKN-KIS yang terus mengalami pembaharuan dan penyempurnaan tentunya harus diimbangi dengan sosialisasi yang bersifat masif kepada masyarakat sampai ke pelosok sehingga mereka dapat paham tentang benefit Program JKN-KIS serta tata cara menggunakan kartu JKN-KIS.

“Terbatasnya akses informasi dan transportasi ke desa-desa tidak menghambat BPJS Kesehatan dalam melakukan sosialisasi tentang program JKN-KIS kepada masyarakat di daerah terpencil. Dimanapun posisi desanya membutuhkan pelayanan JKN-KIS, BPJS Kesehatan berusaha akan hadir, sudah tugas kami untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat terkait program strategis nasional ini,” ujar Ricco.

Terkait permintaan warga desa agar BPJS Kesehatan kembali datang ke Desa Taba dan membuka pendaftaran BPJS Kesehatan, Ricco  punmenyanggupi dan sudah menjadwalkan pembukaan kanal pendaftaran JKN-KIS ke desa-desa.

“Guna memudahkan warga di daerah terpencil untuk melakukan pendaftaran JKN-KIS, kami siap hadir dan membuka kanal pendaftaran di desa,” jelas Ricco.

Kepala Desa Taba, Suardi, mengaku senang dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Seluma di desanya.

“Masyarakat kami sangat antusias mengikuti sosialisasi Program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan Kabupaten Seluma. Masyarakat desa bersedia daftar BPJS Kesehatan mandiri,” ungkap Suardi.

Sampai dengan Juni 2019 di Kabupaten Seluma sebanyak 167.238 orang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS dari total penduduk sebanyak 211.616 orang atau sekitar 79,03% dari total penduduk kabupaten Seluma.[Rls]