PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Walikota Bengkulu Helmi Hasan membuat surat edaran dengan Nomor : 451/ 266 /SE/B III / 2019 yang berisi tentang Himbauan Membuka Masjid 24 jam. Surat edaran tersebut dikeluarkan Jum’at, (26/7/2019).

Helmi Hasan mengajak warganya untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan memakmurkan masjid di Kota Bengkulu dengan memperbanyak kegiatan amalan.

Lihat video : untuk Masjid se-Kota Bengkulu.

“Dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan upaya memakmurkan masjid di Kota Bengkulu serta menumbuhkan kecintaan umat islam kepada masjid sebagai tempat beribadah. Untuk itu menghimbau agar seluruh masjid di Kota Bengkulu dibuka 24 jam dengan memperbanyak amalan-amalan Ta’lim Wat Ta’lum, Dakwah Ilallah, Dzikir, Ibadah dan Khidmat, ” jelas Helmi Hasan dalam surat tersebut.

Helmi Hasan secara rinci menjelaskan makna dan hikmah dari amalan-amalan tersebut ketika dihubungi dalam pesan whatsapp.

“Kepada seluruh adik sanak warga Kota Bengkulu tercinta, mari makmurkan masjid selama 24 jam. Mari ramaikan kegiatan di masjid-masjid Kota Bengkulu, pertama dengan amalan Ta’lim wat ta’lum yaitu kegiatan belajar dan mengajar bagaimana masjid menjadi tempat belajar untuk memahami Al-Qur’an dan hadist serta mengamalkannya.

Kemudian Dakwah ilallah yaitu mengajak orang untuk taat kepada Allah, mengajak orang cinta kepada Allah dan mengajak orang mengenal Allah.

Selanjutnya dzikir ibadah dihidupkan, kegiatan berzikir khususnya pagi dan sore hari bagimana masjid dipenuhi suara-suara dzikir terutama laki-laki baliq, jangan ada laki-laki baliq tidak sholat di masjid.

Terakhir Khidmat, yaitu masjid memberi penghidmatan kepada jamaah yang datang ke masjid. Di masjid disediakan minuman dan makanan terbaik, dan para penggurus masjid untuk bersenyum dan ramah kepada siapapun yang datang ke masjid. InsyaAllah masjid akan makmur, insyaAllah dengan memakmurkan masjid maka Allah SWT akan memberikan kemakmuran untuk warga Kota Bengkulu tercinta,” jawab Helmi Hasan secara terperinci.

“Kami haturkan terimakasih yang sebesar-besarnya, semoga Allah SWT tuhan yang meciptakan tujuh lapis langit, tuhan yang meciptakan tujuh lapis bumi, tuhan yang memasukkan malam ke dalam siang dan siang ke dalam malam meridhoi segala usaha kita, menerima setiap korban kita untuk memakmurkan masjid,” tutup Helmi Hasan sebelum mengucapkan salam.

Surat edaran tersebut dibuat khusus oleh Helmi hasan sebagai wujud kecintaan pemimpin kepada warganya untuk meramaikan masjid dan menjadikan masjid rumah yang nyaman dalam beribadah, selanjutnya agar warga kota bengkulu hidup makmur dalam suasana religiusitas.[Yusuf]