Para tersangka digiring ke Mapolres Seluma

PedomanBengkulu.com, Seluma – Penyidik Tipidkor Polres Seluma resmi menahan empat tersangka kasus Korupsi pada pengelolaan Dana Desa (DD), Desa Talang Rami Kecamatan Seluma Utara.

Keempat Tersangka tersebut yakni, Mantan Kades Nasirman (45) dan Tiga Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yaitu, Mulyadi (40), Hendri Yanto (28), Deka (25).

Pantauan Media dilapangan, Keempat tersangka sebelumnya dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Polres Seluma. Setelah itu pihak penyidik Tipidkor meminta pihak keluarga untuk menandatangi persetujuan penahanan. Saat digelandang ke tahanan diiringi dengan isak tangis pihak keluarga dari keempat tersangka tersebut.

“Setelah kita lakukan proses penyelidikan dan pengumpulan alat bukti, Keempatnya kita tetapkan tersangka dan kita laksanakan pemeriksaan. Selanjutnya kita kenakan tindakan penahanan terhadap keempat tersangka,” tegas Kapolres Seluma AKBP. I Nyoman Mertha Dana melalui Kasat Reskrim AKP Rizka Fadhila didampingi Kanit Tipidkor Iptu Denny Siregar kepada wartawan, Kamis 11 Juli 2019.

Disampaikannya, Keempat tersangka ini tersandung kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dana desa, yang mana terdapat item pelaksaan salah satu item belanja barang difiktifkan untuk memenuhi permintaan Nasirman selaku Kades yang lebih dulu memang memintanya, tujuannya untuk memberikan upeti untuk meminaminilisr hasil temuan pengelola APBD yang akan diberikan ke Inspektorat agar mempermudah dan meniadakan temuan hasil pemeriksaan.

“Ada salah satu kegiatan yang difiktifkan dalam pengelolaan dana desa dengan sebesar Rp35 juta. Namun, BB yang kita amankan sebesar Rp19,5 juta,” jelas Denny.

Keempat Tersangka ini dikenakan, Pasal 8 dan 11 UU tipidkor nomor 31 tahun 1999, sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP Pidana. [YD]