Kata Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana

PedomanBengkulu.com, Seluma – Dari lima Operasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Seluma yang memiliki temuan dari hasil audit BPK RI tahun 2017. Masih menyisahkan tiga OPD lagi yang belum menindaklanjuti temuan tersebut.

Dua OPD sudah 100 persen menindaklajuti temuan BPK RI yakni, RSUD Seluma Rp150 juta dan Dinas Perikanan sebesar Rp429 juta. Ditindaklanjutinya temuan tersebut setelah Sat Reskrim Unit Tipidkor Polres Seluma melakukan klarifikasi dengan melakukan penyelidikan terhadap lima OPD tersebut.

“Sudah dua OPD yang kooperatif capai 100 persen. Seperti RSUD Tais sudah 100 persen, setelah itu disusul oleh dinas Perikanan yang sudah dulu melakukan pembayaran dengan cicil dan menyisahkan sebesar Rp360 juta yang langsung diserahkan ke kita dan bersama-sama dengan Kepala Dinas untuk disetor ke Kas Daerah,” Kata Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana melalui Kasat Reskrim AKP Rizka Fadhila, Minggu 21 Juli 2019.

Disampaikannya, saat ini masih menyisahkan tiga OPD lagi yang belum 100 persen menindaklajuti temuan tersebut, yakni Dinas Perindagkop, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendididikan.

“Tiga OPD lagi, baru mencicil 20 sampai 30 persen. Kita tetap melakukan pemanggilan guna mendorong agar temuan tersebut dikembalikan 100 persen,” tegas Rizka.

Menurut Rizka, pihaknya masih menunggu niat baik tiga OPD tersebut untuk menindaklajuti temuan. Jika masa waktu pengembalian sudah habis, OPD belum juga melunasi, maka pihaknya akan menindak secara hukum.

“Deadline habis baru fungsi pengawasan berubah ke penegak hukum. Namun batas waktu itu insfektorat yang berwenang. Nanti kita berkordinasi ke Insfektorat,” tegas Kasat.

Diketahui, Dinas Pendidikan Seluma saat ini tengah mengusulkan temuan BPK RI tahun 2017 untuk dijadikan Tim ganti Rugi Daerah (TGRD). Hanya saja masih akan meminta Persetujuan oleh Bupati Seluma. [YD]