PedomanBengkulu.com, Bengkulu —
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 yang dilaksanakan Kodim 0407 Kota Bengkulu di RT 16 Kelurahan Padang Serai dan RT 19 Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu mendapatkan apresiasi dari warga sekitar.

TMMD dapat dikatakan tepat sasaran karena kawasan tersebut masih terbilang terisolir meskipun keberadaannya masuk kawasan Kota. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya akses jalan penghubung antara RT 16 Kelurahan Padang Serai dan RT 19 Kelurahan Sumber Jaya sehingga menyulitkan warga.

Setelah masuknya program TMMD Kodim 0407 Kota Bengkulu, akses penghubung dengan pembukaan jalan baru sepanjang 1,3 kilo meter dengan lebar 8 meter serta pembangunan jembatan dengan panjang 7 meter dan lebar 4 meter di perbatasan RT 16 Kelurahan Padang Serai dan RT 19 Kelurahan Sumber Jaya yang saat ini masih berlangsung sudah mulai memunculkan wajah baru, dan tentunya ini akan memudahkan warga sekitar dan pastinya juga akan berpengaruh dengan perkembangan perekonomian warga sekitar karena mereka akan lebih mudah untuk membawa keluar hasil pertanian, dan hasil bumi lainnya yang merupakan penopang hidup sehari-hari.

Ketua RT 16 Kelurahan Padang Serai Suyanto, Senin (8/7/2019) mengungkapkan
sasaran TMMD ini sangatlah tepat, akses pembukaan jalan baru dan pembangunan jembatan sangat dibutuhkan dan diharapkan karena warga merasa kesulitan jika ingin keluar dan terkadang kondisi jalan yang becek menjadi kendala.

“Jalan baru ini nantinya juga sangat bermanfaat karena ini nanti juga akan menjadi jalur evakuasi bencana,” ungkap Suyanto.

Suyanto menuturkan pihaknya beserta warga sekitar bersemangat membantu Satuan Tugas (Satgas) TMMD melalui kerja bakti bersama dalam rangka persiapan pembukaan TMMD yang akan dilaksanakan 11 Juli 2019 nanti di lapangan RT 16 Kelurahan Padang Serai, sekaligus salah satu bentuk rasa terima kasih warga karena apa yang diharapkan sejak 2008 lalu akan segera terwujud melalui TMMD tersebut.

“Kami dari masyarakat, sangat menyambut baik kegiatan ini, terima kasih kepada Kodim 0407/Bengkulu dan pihak terkait lainnya dengan terealisasinya TMMD ini.

Sementara, Komandan Kodim 0407 Bengkulu, Letkol Arm Yose Rizal mengatakan kehadiran TMMD tersebut dalam rangka pemerataan pembangunan pedesaan.

“TMMD milik semua masyarakat, dan diharapkan akan membawa dampak positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan kebersamaan TNI dengan rakyat,” ucap Yose.

Diketahui, Pra TMMD sudah dimulai sejak 1 juli 2019 dan pembukaan TMMD tersebut akan dilaksanakan 11 Juli melalui upacara di Lapangan RT 16 Kelurahan Padang Serai Kota Bengkulu.[Anto]