PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 thun 2019, Kodim 0407 Kota Bengkulu yang bertemakan ‘Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’ resmi dibuka di Lapangan Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Kamis kemarin (11/7/2019).

Walikota Bengkulu Helmi Hasan melalui PLH Sekda Kota Bengkulu Drs. H. Muhammad Husni, M.Si saat menjadi inspektur upacara mengatakan program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI pemerintah daerah serta masyarakat sebagai wujud nyata partisipasi dan kepedulian TNI untuk ikut serta membantu pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan khususnya di wilayah pedesaan dengan upaya pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan potensi sumber daya yang ada di daerah.

“Dengan demikian diharapkan roda pembangunan di pedesaan akan semakin terpacu dan termotivasi, sehingga pada gilirannya akan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat pedesaan serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ujar Husni.

Husni mengungkapkan TMMD diharapkan dapat menjawab aspirasi dan keinginan masyarakat mengingat program ini diawali dengan proses perencanaan yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat. Melalui program TMMD Ini akan dilaksanakan berbagai pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik. Dalam kegiatan fisik lebih diutamakan untuk membangun infrastruktur sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan dan menyentuh langsung kepentingan masyarakat di wilayah Kota Bengkulu yang diprioritaskan untuk membantu membuka akses yang lebih luas guna membantu roda pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan.

“Sedangkan sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya
motivasi dan kreativitas masyarakat guna meningkatkan wawasan dan semangat kebangsaan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara, sehingga mampu menggugah semangat persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap Husni.

Sementara itu, Komandan Kodim 0407 Bengkulu Letkol Arh. Yose Rizal, Kodim 0407 Bengkulu bekerjasama dengan sejumlah pihak juga membuka sebanyak 4 posko pelayanan bagi masayarakat yang merupakan salah satu bentuk kegiatan non fisik TMMD.

“Yang sengaja kita dirikan pada hari ini (kemarin, red), seiring dengan pembukaan TMMD untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Yose.

Posko pelayanan tersebut, sambung Yose, yaitu pos pelayanan pengobatan gratis yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, dan Detasemen Kesehatan TNI (DKT), pelayanan bazar murah, kerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan PKK Kecamatan serta Kelurahan. Kemudian pelayanan donor darah, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI) Bengkulu.

“Terakhir pelayanan KB Kesehatan gratis dengan bekerjasama BKKBN Kota Bengkulu,” singkat Dandim.

Diketahui TMMD tersebut di pusatkan di dua lokasi yaitu RT 16 Kelurahan Padang Serai dan RT 19 Kelurahan Sumberjaya. TMMD tersebut di impikan masyarakat diwilayah tersebut sejak 2008 lalu dan saat ini impian masyarakat disitu terwujud melalui TMMD ini. Saat ini tim Satgas TMMD tengah membangun jembatan penghubung dua wilayah tersebut dan membuka jalan baru yang juga merupakan jalur evakuasi bencana dan nantinya juga akan ada pembangunan dua rumah ibadah.

Pantauan PedomanBengkulu.com, dalam pembukaan TMMD ini dihadiri, Ka,Staf Korem 041/Gamas, Letkol Arh Fatkhurrahman, S.IP., Dansatgas TMMD Letkol Arm Yose Rizal Sa’at, M.P.I.C.T, Para Dandim Jajaran Rem O41/Gamas, Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) M. Andri Wahyu Sudrajat, Para Kabalak/Dandisjan Jajaran Rem 041/Gamas, DanDen POM II/I Bengkulu, Letkol Cpm Azmil umar, SH, Kapolres Bengkulu, Akbp Prianggodo Heru, K.SIK, Dansat Brimob Polda Bengkulu, Kepala Pengadilan negeri Kota Bengkulu, Camat dan Lurah Kampung melayu, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat.[Anto]