PedomanBengkulu.com, Jakarta – Duta Besar Venezuela, Mr Radames Gomes mengucapkan selamat tahun kepada Liga Mahasiswa Nasional untuk Domokrasi (LMND) melalui video singkatnya, Kamis (11/7/2019).

“Kami dari duta besar Venezuela mengucapkan selamat ulang tahun ke-20 kepada LMND, semoga semakin sukses, semakin besar, dan jaya selalu,” kata Mr Radames Gomes.

Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi-National Student League For Democracy (LMND), merupakan organisasi mahasiswa progresif yang ada di Indonesia.

LMND lahir bersamaan dengan gelombang perjuangan menggulingkan rejim Orde Baru. Pada saat itu, komite komite aksi diberbagai kota di bawah FONDASI melakukan konsolidasi Rembuk Mahasiswa Nasional Indonesia II (RMNI II) di Surabaya.

Kemudian mendorong FONDASI melakukan konsolidasi lanjutan pada tanggal 9-12 Juli 1999 di Bogor yang melahirkan kesepakatan bersama, membangun sebuah organisasi bernama Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND).

Konsolidasi Rembuk Mahasiswa Nasional Indonesia II ini diikuti sekitar 20 komite aksi mahasiswa dari berbagai kota.

Diketahui, saat ini LMND dipimpin oleh Idrayani Abdul Razak sebagai Ketua Umum dan Muh. Asrul sebagai Sekreraris Jenderal dengan paltform perjuangan “Dibawah panji persatuan nasional, hentikan Imperialisme, menangkan Pancasila”.

Sebagai salah satu organisasi progresif di mahasiswa, LMND memposisikan diri anti kapitalisme dan memperjuangkan pergantian tatanan kapitalisme yang serakah ini, dengan sebuah tatanan yang lebih demokratis, lebih humanis, dan ekologis. Hal ini menjadi nafas dalam azas perjuangan LMND, yakni Pancasila. [Medi Muamar]