PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) merupakan ajang apresiasi dan kompetisi ide bisnis kreatif anak muda yang digelar oleh Astra Honda Motor (AHM) sejak tahun 2002. Tahun ini, kegiatan yang telah memasuki penyelenggaraan ke-17 ini memberikan kesempatan para generasi muda unggulan dari seluruh Indonesia menampilkan ide kreatif kewirausahaan dengan mengusung tema ‘Creativepreneur Gen Millennial‘.

Pelajar yang mengikuti kompetisi ini akan diuji memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha. Kriteria yang akan dijadikan barometer penilaian antara lain meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan.

Pada bulan Mei 2019 lalu, Astra Motor Bengkulu menggelar seleksi AHMBS Regional yang dilaksanakan di Main Dealer Astra Motor Bengkulu. Dari seleksi Regional yang diadakan, terpilihlah Creativepreneur Muhammad Akmal Ganesa menjadi Juara 1 seleksi Regional Bengkulu yang sekaligus menjadi wakil Bengkulu dikancah Nasional yang digelar pada Kamis 25 Juli 2019 di Gedung A Astra International Jakarta.

Akmal yang saat ini menempuh studi di SMKS 16 Farmasi telah berhasil menciptakan produk yang bernama ‘KALFRESH’. Kalfresh sendiri merupakan minyak angin aromatherapy yang memanfaatkan residu olahan sirup jeruk kalamansi (Citrus Microcarpa) sebagai produk unggulan khas Bengkulu dan peluang usaha di Kota Bengkulu. Persiapan dan latihan yang Akmal jalani sebelum final AHMBS 2019 akhirnya membuahkan hasil, dimana Akmal berhasil memperoleh Juara 3 mewakili Bengkulu dan SMKS 16 Farmasi.

“Terima Kasih untuk Astra Motor Bengkulu yang telah mendukung dan memberi pelatihan selama masa persiapan menjelang Final AHMBS di Jakarta,” ujar Akmal, Kamis (25/7/2019).

Kepala Wilayah Astra Motor Bengkulu Suryanto Wirawan melalui Kepala Bagian Administration & Finance Astra Motor Bengkulu Cokorda Bagus Purnawan mengungkapkan bahwa Generasi Millennial merupakan generasi yang mempunyai banyak ide dan gagasan, terlebih dengan keterkaitannya dengan teknologi. Oleh karena itu, dukungan masyarakat dan pemerintah kepada Generasi Millennial sangat diperlukan untuk mengembangkan Creativepreneurship yang ada di Bengkulu.[Nurhas]