PedomanBengkulu.com, Seluma – Banyaknya truk jenis fuso pengakut Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dari salah satu pengepul yang hulu halang melintas di jalan daerah Kabupaten Seluma mengakibatkan kerusakan jalan yang cukup parah.

Pasalnya, kualitas jalan daerah di Kabupaten Seluma masih kelas C yang bebannya hanya bisa menahan sekitar 12 ton saja. Sedangkan untuk kapasitas Fuso itu mencapai 20 ton. Hal ini disampaikan, salah satu warga Kelurahan Napal Kecamatan Seluma. Indra Nasution, bahwa truk fuso yang bermuatan TBS ini berangkat dari Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan dari rumah salah satu pengepul TBS.

“Jalan daerah kita inikan masih kelas C jadi tidak akan mampu menahan beban truk fuso dengan beban TBS capai 20 ton,” tegas Indra, (31/7/2019).

Disampaikannya, jangankan truk fuso yang sering lewat, truk diesel saja dengan beban 7 -12 ton saja jalan ini sudah mudah rusak. Apalagi dilintasi dengan truk fuso yang melebihi kapasitas muatan.

“Pemda melalui dinas terkait harusnya ambil sikap. Kalau dibiarkan jalan yang baru dibangun ini tidak akan lama dan akan kembali rusak,” harap Indra. [YD]