PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah terus mempromosikan potensi destinasi wisata Provinsi Bengkulu.

Bahkan, dalam setiap kesempatannya, Rohidin dalam sambutannya selalu menyempatkan untuk promosi wisata, terutama jika ada pejabat-pejabat dari pusat.

Beberapa hari yang lalu, saat Rohidin menghadiri acara Pameran Gebyar Wisata Budaya dan Nusantara (GWBN) 2019, di Jakarta Convention Center di Jakarta, Rohidin kembali mempromosikan wisata Bengkulu.

Rohidin mengatakan, bahwa Bengkulu memiliki tempat-tempat wisata menarik, baik wisata sejarah, alam dan laut. Secara historis kata Rohidin, pada abad ke 17, Bengkulu pernah menjadi primadona dunia internasional. Hal ini ditandai adanya Benteng Marlborough yang masih bisa disaksikan hingga kini.

“Saya sampaikan bahwa kita sudah menetapkan sektor wisata unggulan untuk mengangkat perekonomian daerah. Salah satunya telah kita kemas dalam bentuk kalender event,” kata Rohidin.

Selain itu, Rohidin juga menegaskan, ada beberapa objek pariwisata yang harus diperkuat publikasinya, agar bisa dikenal oleh wisatawan nasional maupun internasional.

“Salah satu objek wisata yang mesti kita kembangkan adalah wisata alam, jelajah dan petualangan, termasuk wilayah pantai yang juga tak kalah menarik dari pantai-pantai lain yang ada di Indonesia,” kata Rohidin.

Rohidin juga memaparkan bahwa Dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, Provinsi Bengkulu berhasil masuk dalam tujuh kategori sekaligus.

Tujuh kategori tersebut antara lain; Pendap masuk dalam Kategori Makanan Tradisional, Jelajah Lubuk Resam Kabupaten Seluma masuk Kategori Olahraga dan Petualangan, Arus Ketahun Rafting Kabupaten Lebong masuk Kategori Wisata Air, Bukit Kaba Rejang Lebong masuk dalam Kategori Dataran Tinggi, Pantai Cukoh Kabupaten Kaur masuk Kategori Destinasi Baru, dan Fort Marlborough Bengkulu yang juga merupakan benteng terbesar Inggris di Asia Tenggara ini, masuk dalam kategori situs sejarah, serta Pulau Enggano Bengkulu Utara yang juga merupakan salah satu pulau terluar Indonesia, masuk dalam kategori Surga Tersebunyi.

“Bengkulu juga memiliki pusat pelatihan gajah Taman Kerinci Sebelat, lokasi ini sagat bagus, pemandangannya sangat natural dan sangat eksotis. Lokasi ini terintegrasi dengan Taman Bukit Barisan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia,” kata Rohidin.

Untuk wisata pantai, Rohidin menambahkan, selain pantai Panjang, Bengkulu juga Kabupaten memiliki Pantai Sekunyit, tempat ini pantai dan ombaknya sangat bagus, bisa menjadi tempat Surfing. Lokasinya mudah diakses, bisa diakses langsung dari Lampung maupun Kota Bengkulu. [Medi Muamar/Rilis]