PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Tiga Puluh anggota Dewan Perwakan Rakyat (DPRD) Rejang Lebong yang baru dilantik pada tanggal 26 agustus 2019 yang lalu segera mendapatkan Gaji. Untuk gaji perdana mereka diperkirakan membawa uang senilai Rp20 juta Lebih. Hal ini dibenarkan Seketaris DPRD RL Zulkarnain

“Iya, per 1 September ini seluruh anggota dewan akan gajian, besaran gaji yang mereka terima lebih dari Rp20 juta, berapa persisnya saya lupa,” ujar Zul.

Ditambahkan Zul, Pemberian gaji kepada dewan tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Admistrasi Pimpinan dan Anggota DPRD seperti diatur dalam Bab II pasal 2.

“Untuk gaji bulan September gaji yang diterima berupa gaji pokok, uang representasi, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uangpaket, tunjangan komunikasi intensif, tunjangan transportasi dan tunjangan perumahan. Untuk tunjangan keluarga tentunya bisa berbeda- beda setiap anggota. Sedangkan tunjangan yang belum diberikan yakni tunjangan untuk unsur pimpinan dan tunjangan alat kelengkapan dewan,” ujar Zul.

Ditambahkan Zul, anggaran untuk gaji angota dewan ini sudah dimasukkan dalam APBD RL tahun 2019.

“Gaji ini sudah dianggarkan selama satu tahun, bedanya yang menerima, dari Januari samapai agustus dibayakna kepada angota dewan lama dan dari September-Desember diterima angota dewan baru. untuk tunjangan yang sifatnya dengan jabatan seperi unsur pimpinan dan alat kelengkapan akan diberikan setelah nantinya terbentuk,” tambahnya.

Zul juga menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan nama-nama unsur pimpinan dan alat kelengkapan dewan sudah selesai dibentuk pertengahan September 2019.

“Untuk nama unsur pimpinan kita tinggal menunggu dari partai Golkar sebagai pemilik kursi terbanyak, sedangkan partai PDIP dan Demokrat yang menduduki jabatan wakil ketua sudah disampaikan, namun namanya saya lupa. Jika sudah lengkap nama namanya maka segera kita agendakan paripurna khusus sejaligus dilakukan pengesahan fraksi maupun penyusunan nama nama alat kelengkapan dewan,” pungkas Zul. [Julkifli Sembiring]