Di Indonesia hampir semua jenis tumbuhan dapat tumbuh. Sebagian besar tumbuhan tersebut sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Jeruk nipis adalah salah satunya. Jenis tanaman toga ini banyak digunakan oleh masyarakat selain bumbu masakan juga sebagai obat-obatan.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dilansir Himedik dari medicalnewstoday.com, satu buah jeruk nipis mengandung 20 kalori.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung berbagai macam nutrisi. Nutrisi tersebut meliputi 22 miligram Kalsium, 12 miligram Fosfor, 68 miligram, Potasium 19,5 miligram, dan Vitamin C yakni sekitar 20-25% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Sementara dalam bidang medis, ada 7 manfaat bagi kesehatan. Berikut daftarnya dan tatacara pengolahannya:

1. Mencerahkan kulit wajah
Kandungan senyawa alami yang disebut alpha hydroxy acids (AHA) yang terdapat pada jeruk nipis bermanfaat baik untuk membantu anda merawat dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah, sehingga sel kulit mati itu akan tergantikan oleh sel kulit baru yang lebih fresh.

Nah, jika sel kulit mati ini hilang tentunya wajah akan terlihat lebih cerah dan putih. Adapun cara pemanfaatannya adalah dengan pengambilan perasan air jeruk nipis, kemudian oleskan ke wajah dengan bantuan kapas.

2. Menghilangkan komedo di wajah
Adapun cara alami atau tradisional yang dapat dibilang dan terbukti ampuh untuk menghilangkan masalah komedo di wajah. Adapun tatacaranya yakni dengan menyiapkan jeruk nipis setengah bagian kemudian peras dan ambil airnya, oleskan perasan air jeruk ini ke seluruh bagian wajah yang ada komedonya tipis merata.

Lakukan cara ini ketika anda hendak tidur dan biarkan sampai anda tidur. Setelah anda bangun pagi, bilas dengan air dan lakukan perawatan ini dengan rutin agar hasilnya bisa maksimal.

3. Mengobati amandel
Jeruk nipis juga dapat mengobati penyakit amandel. Adapun cara pembuatan ramuan alami ini yakni dengan mengambil jeruk nipis segar sebanyak 3 buah, cuci jeruk sampai bersih, lalu jeruk nipis dipotong kecil-kecil.

Kemudian jeruk nipis tersebut di rebus menggunakan air sebanyak dua gelas. Rebus sampai mendidih dan airnya hanya tersisa setengahnya saja. Setelah itu, saring ambil airnya, gunakan air rebusan tersebut untuk kumur-kumur dengan cara menghadap keatas. lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

4. Obat herbal anyang-anyang
Anyang-anyangan adalah kondisi yang sering dikaitkan dengan rasa tidak nyaman saat buang air kecil atau dalam istilah medisnya, kondisi ini bisa disebut dengan nama di suria.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk obat herbal yakni dengan cara menyiapkan jeruk nipis sebanyak dua buah, cuci jeruk hingga bersih, diperas ambil airnya saja, berikan air perasan jeruk nipis dengan
tambahan gula batu atau gula jawa secukupnya, tambahkan pula segelas air panas. Aduk semua bahan sampai rata dan minum ramuan ini sekaligus. Lakukan cara ini sekali dalam sehari.

5. Obat Batuk
Jeruk nipis juga dapat mengobati batuk. Adapun caranya yakni dengan memasak serai dan air sampai mendidih, lalu Angkat dan saring. Campurkan air perasan dengan jeruk nipis dan Satu sendok madu serta tambahan sedikit garam beryodium. Aduk semua bahan sampai rata. Saring dan minum ramuan ini minimal sehari dua kali.Usahakan dalam keadaan masih hangat.

6. Menghilangkan bau badan
Adapun cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan jeruk nipis yakni dengan menyiapkan jeruk nipis ukuran sedang sebanyak satu buah. Kemudian potong menjadi dua bagian, olesi jeruk nipis dengan kapur sirih sedikit saja, lalu oleskan ke area ketiak anda setelah mandi. Biarkan kurang lebih menempel lima menit dan bilas bersih. Lakukan cara ini setiap pagi dan sore.

7. Diet
Tak sedikit orang yang melakukan diet jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Bila selama ini Anda sudah melakukan diet ketat namun belum melihat hasil yang memuaskan. Maka cobalah melibatkan jeruk nipis dalam menu keseharian.

Caranya cukup campurkan perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat yang kemudian dikomsumsi setiap hari. Selain berguna buat diet jugas dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mario Sekolah Jurnalistik Kerakyatan Angkatan Ke-II