PedomanBengkulu.com, Seluma – BPJS Kesehatan Kabupaten Seluma merilis jumlah tunggakan hingga 1 Agustus 2019 ini total tunggakan peserta BPJS Kesehatan mandiri mencapai Rp10 miliar lebih.

Menindaklanjuti hal tersebut, BPJS Kesehatan Kabupaten Seluma, bakalan memberikan reward bagi kepala desa yang berprestasi dengan mengajak dan mengingatkan masyarakat desanya untuk membayar tunggakan. Dengan bukti photo copy bukti pembayaran terbanyak akan diberikan reward berupa piagam dan hadiah menarik.

“Bagi desa yang berhasil mengajak dan mengingatkan masyarakatnya untuk bayar tunggakannya dengan bukti photo copy bukti pembayarannya terbanyak, kami akan siapkan reward berupa piagam dan hadiah menarik. Dukungan semua pihak sangat membantu untuk keberlangsungan program JKN KIS, karena BPJS sudah jutaan peserta dibantu,” kata Kepala BPJS Kesehatan Seluma Ricco Hangara, Kamis (22/8/2019).

Disampaikannya, pihaknya akan kembali menyampaikan surat kepada seluruh kepala desa daftar nama masyarakat yang menunggak. Dengan ini nanti kades atau lurah bisa kembali mengingatkan masyarakatnya. Semoga dengan cara ini bisa terlunasi tunggakan di masyarakat.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan sampaikan kepada Kades maupun Kelurahan rekapan peserta BPJS mandiri yang menunggak. Saya mengharapakan nanti bisa disampaikan ke masyarakat,” sampai Ricco.

Sesuai Perpres No 82 Tahun 2018, tunggakan dibayar paling banyak selama 2 tahun atau 24 bulan. Apabila masyarakat menunggak di atas 2 tahun maka masyarakat cukup membayar tunggakan 2 tahun saja.

“Contoh, ada peserta yang nunggak 4 tahun atau 48 bulan, cukup bayar tunggakannya selama 24 bulan saja,” imbuh Ricco.[YD]