PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup menyelenggarakan rekonsiliasi terkait iuran wajib yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk semua iuran peserta dari sektor PNS daerah, pemerintah daerah, PNS pusat, TNI/Polri dan PPNPN yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Senin (27/08). Selain rekonsiliasi iuran wajib, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan forum kemitraan dengan pemangku kepentingan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

“Kita optimalkan semua usaha yang bisa kita lakukan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Rejang Lebong. Begitu juga untuk anggaran APBD yang sudah dianggarkan. Kita optimalkan untuk yang menerima memang yang berhak. Jangan sampai disalahgunakan. Kita masing-masing juga harus memiliki fungsi monitoring. Kalau memang mampu, kita sarankan mendaftar menjadi PBPU. Kalau memang sudah bekerja, kita usahakan agar dia bisa ditanggung badan usahanya. Agar tidak menggunakan anggaran milik masyarakat kurang mampu,” ujar Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong R. A. Deni.

Ia berharap, digelarnya forum kemitraan ini dapat memastikan kecukupan dan ketersediaan anggaran jaminan kesehatan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rejang Lebong, mencapai persamaan pemahaman tentang Program JKN-KIS, memudahkan koordinasi dalam menyelesaikan kendala dalam pelaksanaan Program JKN-KIS.

“Saya juga meminta agar BPJS Kesehatan bisa lebih giat lagi dalam melaksanakan sosialisasi untuk semua lapisan masyarakat agar informasinya sampai dengan tepat. Tidak ada yang keliru lagi, baik dalam hal pendaftaran, iuran hingga ke pelayanan kesehatannya. Semoga dengan begitu semakin banyak lagi masyarakat kita yang mengerti akan pentingnya Program JKN-KIS ini, begitu juga dengan makna gotong-royong dalam membayarkan iuran agar program ini dapat terus berjalan membantu masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup Syafrudin Imam Negara juga mengamini hal yang sama. Menurutnya, BPJS Kesehatan sangat mengapresiasi kerja sama yang baik yang sudah terjalin selama ini dengan Pemerintahan Daerah Kabupaten Rejang Lebong.

“Program JKN-KIS bisa berjalan dengan baik di Kabupaten Rejang Lebong ini. BPJS Kesehatan juga senantiasa membuka diri untuk menerima kritik dan masukan yang membangun demi terselenggaranya Program JKN-KIS yang lebih baik dari hari ke hari,” ujar Syafrudin.[Rls]