PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu merilis telah terjadi gempa sebanyak 3 kali, Senin (5/8/2019).

Kepala BMKG Bengkulu Kukuh Ribudiyanto menyampaikan hampir setiap hari terjadi gempa namun yang di informasikan jika diatas 3.0 maghnitudo.

“Sebenarnya hampir setiap hari terjadi gempa, namun sesuai aturan yang di informasikan diatas 3.0 maghnitudo,” jelas Kukuh saat menyampaikan kejadian gempa hari ini.

Sedangkan Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang Litman menjelaskan gempa yang terjadi hari ini akibat aktivitas pergerseran lempengan.

“Gempa hari ini disebabkan aktivitas subduksi yaitu jalur pertemuan lempeng indonesia-Australia yg menyusup di bawah lempeng eurasia,” jelas Litman.

Litman juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang jika terjadi gempa dan menerima informasi dari sumber yang jelas.

“Hari ini 3 kali terjadi gempa untuk yg dekat dengan Provinsi Bengkulu. Himbauan untuk masyarakat untuk selalu waspada dan menyadari bahwa daerah kita rawan gempa, namun jika terjadi gempa, jangan panik dan tetap tenang. Kenali lingkungan tempat kita tinggal dan jalur evakuasi dan pastikan info yang akurat dari instansi atau lembaga yg berwenang di bengkulu,” tutup Litman. [Yusuf]

Data yang berhasil terhimpun dari BMKG, gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami, berikut data gempa yang terjadi pada hari ini :

1. Pada pukul 10.37 Wib terjadi gempa berkekuatan 4.7 maghnitudo. Lokasi: 2.64 LU,99.85 BT (35 km Barat Laut SIKAKAP KEP.MENTAWAI-SUMBAR) dengan Kedalaman 16 Km.

2. Pada pukul 12.09 Wib terjadi gempa berkekuatan 5.0 maghnitudo. Lokasi :6.17 LS,102.13 BT (92 km Barat Daya ENGGANO-BENGKULU), dengan kedalaman 13 Km.

3. Pada pukul 13.52 terjadi gempa berkekuatan 3.5 maghnitudo. Lokasi :5.85 LS, 102.64 BT (160 km Barat Daya PESISIRBARAT-LAMPUNG), Kedalaman:10 km.