PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkulu menggelar kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel Raflesia untuk untuk mendorong kemajuan industri kreatif berbasis lokal di Bengkulu, Jumat (9/8/2019).

“Rakerda kita mengambil tema membangun ekosistem kerajinan kreatif berkarakter dalam menghadapi revolusi industri 4.0., yang bertujuan untuk menampung aspirasi, gagasan, pendapat dan solusi kedepan untuk memajukan industri kreatif di Provinsi Bengkulu,” kata Ketua Harian Dekranasda Bengkulu, Irwan.

Irwan mengatakan Rakerda ini diikuti oleh Dekrada seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Bengkulu, dengan harapan dapat menggali potensi industri kreatif dari setiap Kabupaten dan Kota di Provinsi Bengkulu.

“Peserta dalam Rakerda ini seluruh pengurus Kabupaten dan kota dengan mengirimkan masing-masing 2 orang dan ditambah Dekranasda Provinsi Bengkulu 70 orang. Harapan nantinya dapat menggali potensi lokal industri kreatif setiap daerah yang ada di Bengkulu,” jelas Irwan.

Sementara, Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin yang juga merupakan istri dari Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan Rakerda ini agar sinergi antara Daerah dan Pusat dapat terjalin dengan harmonis.

“Penting untuk kita jaga harmonisasi kerja antara daerah dan pusat agar sinergisitas terjalin berkesinambungan, dari kegiatan ini nantinya agar dapat tergali semua potensi lokal untuk dikembangkan menjadi industri kreatif yang memiliki nilai jual sehingga dapat ikut serta memajukan perekonomian di bengkulu,” jelas Derta Wahyulin.

Ditambahkan Derta wahyulin, potensi yang ada harus digali dan dikembangkan sesuai dengan situasi saat ini dengan memaksimalkan pemasaran berbasi digital.

“Nanti kita akan mengevaluasi program tahun sebelumnya agar bisa diselaraskan dengan program pemerintah daerah mengenai industri kreatif. Potensi tersebut harus digali dengan kegiatan kongkrit dan dikembangkan sesuai kemajuan tekhnologi saat ini memasarkan produk berbasis digital. Namun agar tujuan tersebut dapat terwujud kami butuh dukungan dari semua pihak agar cita-cita mulia ini dapat terwujud,” pungkas Derta Wahyulin.

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Bengkulu Nopian Andusti yang mewakili Gubernur Bengkuli dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambuat baik inovasi yang dikembangkang Dekranasda mengangkat potensi lokal yang ada.

“Kami pemerintah provinsi bengkulu bengkulu mengapresiasi dan menyambut baik berbagai inovasi yang dikembangkan Dekranasda dalam upaya mendorong kemajuan industri kreatif berbasis lokal di Bengkulu,” jelas Nopian Andusti.

Nopian Andusti menambahkan, kedepan Dekranasda agar terus menjadi mitra Pemerintah dalam memajukan industri kreatif agar menarik minat wisatawan yang datang ke Bengkulu.

“Kedepan harapannya Dekranasda terus menjadi mitra terbaik pemerintah dalam upaya mendukung kemajuan wisata dengan menghadirkan produk-produk industri kreatif berbasis lokal, sehingga wisatawan tertarik. Sehingga visi kita menuju Wonderful Bengkulu terwujud secara sempurna,” kata Nopian Andusti yang kemudian membuka kegiatan secara resmi dengan menabuh Dol. [Yusuf]