PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Dewan Pers menggelar acara workshop Peliputan pasca Pemilihan umum legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Aula Grage Hotel Bengkulu, Kamis (15/8/2019).

Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada bulan April 2019 lalu menyisakan berbagai catatan permasalahan terutama dalam soal pemberitaan media masa teknis dan intimidasi yang dialami.

Berbagai catatan permasalahan dan intimidasi yang dialami Pers pada pemilu 2019 menjadi catatan kedepan terutama untuk mengawal janji kampanye peserta pemenang 2019 dan sebagai catatan perbaikan guna menghadapi Pemilihan Kepala Daerah secara serentak pada tahun 2020 mendatang.

Workshop ini mendatangkan langsung narasumber yang ahli dibidangnya yaitu dari Dewan Pers Hendri Ch Bangun, Agus Sudibyo dan Ketua Komisioner KPU Irwan Saputra. Workshop diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus organisasi konstituen Dewan Pers, para Pemimpin Redaksi Media Cetak, Televisi, Radio, Online dan para Wartawan Kontributor Nasional.

salah satu narasumber dari Dewan Pers, Hendry Ch Bangun menyampaikan kegiatan workshop sebagai upaya mengevaluasi liputan pada pemilu 2019 di berbagai Provinsi dan kemudian dijadikan pelajaran untuk perbaikan pada peliputan menjelang Pemilihan Kepala Daerah secara serentak tahun 2020.

“Kita ingin kawan-kawan di Bengkulu dapat mengevalusi liputan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden untuk kedepan menjadi pembelajaran lebih baik pada peliputan Pilkada 2020. Kendala-kendala yang dialami saat peliputan juga akan kita jadikan rujukan perbaikan untuk berbagai pihak. Harapannya Media kedepan dapat menjalankan fungsi dan peranannnya dengan memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat. Mulai dari tahapan Pemilihan dan Profil calon sehingga masyarakat memilih dengan rasional. Kegiatan ini dilakukan di 34 Provinsi seluruh Indonesia,” jelas Hendry Ch Bangun.

Sementara, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra menyampaikan apresiasi kepada insan pers yang ikut serta mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan membantu mensosialisasikan tahapan pemilu serta mengungkap adanya indikasi kecurangan yang dilakukan oknum pada pemilu 2019.

“Kami selaku pihak penyelenggara pada Pemilu 2019 mengapresiasi kepada kawan-kawan pers yang ikut membantu terselenggaranya Pemilu 2019 dengan sukses. Sampainya informasi tahapan Pemilu ke masyarakat berkat kawan-kawan pers, kemudian adanya indikasi kecurangan Pemilu juga mampu kawan-kawan pers ungkap. Berbagai catatan kami terima dan kemudian kedepan sinergisitas dengan kawan-kawan saya harap tetap terjaga dengan baik,” ungkap Irwan Saputra.

Diketahui, Pemilihan Kepala Daerah serentak di Provinsi Bengkulu pada 2020 mendatang diikuti sebanyak 8 Kabupaten Pemilihan Bupati-Wakil Bupati dan 1 Provinsi Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur untuk masa jabatan 2020-2024. [Yusuf]

Tiga Materi yang diangkat dalam workshop tersebut yaitu:

– Peliputan pilkada 2020, belajar dari peliputan pemilu 2019. Pada materi ini diisi oleh Hendry Ch Bangun yang juga anggota Dewan Pers.

– Pemberitaan pers pasca Pemilu 2019 dalam menjaga keutuhan dan kestabilan sosial menuju Pilkada 2020. Materi ini disampaikan oleh KPU.

– Peliputan Pemilu 2019 mengawal janji-janji kampanye. Materi ini disampaikan oleh Agus Sudibyo yang juga anggota Dewan Pers.