Hasil gambar untuk Okti FitrianiPedomanBengkulu.com, Seluma – Wakil Ketua II Okti Fitriani mengatakan, dalam rangka mendukung kerajianan terkhusus tenun dumpak dan agar Kabupaten Seluma memiliki Brand. Sehingga Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (perindagkop) UKM dapat mengirim penenun untuk belajar keluar daerah.

“Anggarannya sudah dimasukkan ke APBDP tahun ini. Saya minta Perindagkop mengirim penenun untuk belajar menenun secara profesional ke palembang atau ke padang,” ujar Okti, Jumat (23/8/2019).

Tenun Dumpak di Kabupaten Seluma tahun ini juga juara 1 Deskranada tingkat Provinsi. Dengan demikian, jika Pemkab kembali memberikan kesempatan penenun untuk belajar ke luar daerah dan jika mereka sudah profesional, maka Seluma bisa menghasilkan tenunan sendiri seperti Songket Seluma. Dengan itu, kedepan bisa di jadikan sebagai brand kebanggaan untuk tenun dumpak.

“Kalau sudah mulai berkembang usaha tenun bisa mencipatakan lapangan pekerjaan. Seluma kan gak ada brand. Maka harapan kita daru tenun ini ada khasnya Seluma,” jelas Okti.

Sebelumnya, Juru bicara Badan Anggaran (Banggar) Nurali menyampaikan saat Paripurna kesepakatan RAPBDP tahun 2019, bahwa telah mengakomodir anggaran untuk reward untuk individu dan kelompok, pergantian sejadah masjid serta pengiriman penenun untuk belajar di luar daerah maupun diluar Provinsi. [YD]