PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Festival Pemuda Kreatif 2019 yang dilangsungkan di Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu, resmi dibuka oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Sabtu (31/8/2019) Sore.

Terlihat antusiasme dan kemeriahan ratusan pemuda-pemudi Bengkulu padati kawasan Taman Pantai Berkas. Mulai dari pelajar, mahasiswa, khalangan masyarakat dan juga dihadiri jajaran Pemerintahan Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan tema dari acara Festival Pemuda Kreatif 2019 yaitu Spirit Kain Besurek Dalam Balutan Teknologi. Kita harus mendongkrak agar nilai pasar dari kain besurek meningkat dan mengharap pemuda Bengkulu memiliki kreativitas yang lebih tinggi.

“Tema Festival Pemuda Kreatif ini, Spirit Kain Besurek Dalam Balutan Teknologi. Ditangan orang yang memiliki kreativitas maka nilai dari sebuah barang bisa meningkat, maka saya mengharap pemuda bengkulu bisa lebih kreatif lagi,” Ujar Rohidin Mersyah.

Pada tahun 2018 lalu dalam acara Festival Batik Nusantara di Jakarta, para pecinta batik nusantara telah mensurvei bahwa Kain besurek bengkulu adalah kain yang memiliki nilai filosofi dan karakteristik dari sisi motif yang sangat luar biasa.

Saat diwawancarai, Rohidin Mersyah mengatakan banyak pemuda terjerumus menggunakan obat-obatan karena mereka tidak kreatif, ketika waktu luang mereka terlalu banyak, energi muda mereka tersalurkan ke hal-hal yang negatif.

“Selama ini kenapa orang terjerumus menggunakan narkoba dan pergaulan bebas, tidak lain karena mereka terlalu banyak waktu luang yang membuat energi muda mereka tersalurkan ke hal-hal yang negatif.” Imbuh Rohidin Mersyah.

Adapun kegiatan untuk memeriahkan acara Festival Pemuda Kreatif 2019 Bengkulu yaitu pertunjukan film, musik, fashion, kriya, kuliner, grafika, IT piranti lunak, dan IT perangkat keras. [Mario]