PedomanBengkulu.com,Seluma – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 74, Pemkab Seluma akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berlokasi di Kelurahan Talang Dantuk Kecamatan Seluma. Kunjungan ini untuk memeperkenalkan kepada Veteran yang ada di Kabupaten Seluma, bahwa Pemkab Sudah memiliki TMP.

“Nanti kita, usai silahtuhrahmi lanjut kunjungan ke TMP, supaya Veteran tahu, kita sudah membangun TMP dan menghargai mereka,” kata Wakil Bupati Seluma, Jumat (2/8/2019).

Disampaikannya, bahwa saat ini TMP masih kosong, belum ada makam pahlawan yang dipindahkan ke lokasi TMP. Nantinya, Pemkab akan lakukan rapat bersama dinas Sosial untuk membicarakan terkait pengisian TMP.

“Nanti kita rapat sama Dinsos, makam-makam pahlawan yang ada di Seluma, apa bisa nanti dipindahkan ke TMP yang ada,” ujar Wabup.

Sedangkan, untuk veteran maupun adanya anggota Polri dan TNI yang meninggal saat bertugas di luar maupun di Kabupaten Seluma sendiri, bisa dimakamkan di TMP Pemkab Seluma. Menindaklajuti hal tersebut, Pemkab juga berkordinasi ke dinas leading sektor, yakni Dinas Sosial untuk mengetahui kriteria dan ketentuannya.

“Yang tahu Dinas Sosial, terkait kriteria kentuannya bagi TNI dan Polri yang gugur saat tugas luat maupun dalam daerah bisa makamkan di TMP. Nanti kita pelajari dulu supaya lengkap,” jelas Wabup.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sosial Seluma, Titik Sumila mengatakan, Keberadaan Taman Makam Pahlawan(TMP) di Keluarahan Talang Dantuk, belum bisa dimanfaatkan. Pasalnya belum adanya pemetaan lahan untuk makam sejumlah pahlawan yang hendak di makamkan, karena tidak adanya anggaran yang dialokasikan. Namun setidaknya dibutuhkan Rp1,5 M untuk pekerjaan pemetaan dan pemagaran TMP.

“Tahun ini tidak ada anggaran termasuk di dalam APBD Perubahan jadi kita usulkan sebesar Rp1,5 M,” tegas Plt Kepala Dinas Sosial Titik Sumila kepada wartawan.

Dijelaskan, sekalipun lokasi lokasi TMP sudah selesai namun pada pemetaan lokasi untuk pemakaman belum lah selesai dengan luas 2 H. Begitu juga pada gerbang dan pagar dari TMP itu sendiri. Setelah lokasi TMP ini juga berada di pinggir jalan raya. Serta berada di kawasan perkebunan warga. Sehingga di perlukan pemagaran dan pemetaan dari lokasi makam itu sendiri.

“Jika tidak ada pemetaan maka bagaimana akan memakamkan pahlawan dan kita juga merencanakan untuk pemindahan pahlawan yang sudah di makamkan di luar daerah seluma ke TMP ini,” bebernya.

Dijelaskan lagi, wacana pemindahan pahlawan ke lokasi TMP Seluma juga sudah menjadi wacana. Namun tetap harus mendapatkan restu dari pihak keluarga atau ahli waris. Begitu juga akan melakukan pendataan terhadap pahlawan asal kabupaten Seluma yang sudah di makamkan pada TMP luar Kabupaten Seluma. Termasuk harus ada perundingan anatara seluruh pihak agar bisa berjalan dengan maksimal.

“Jelas penempatan pahlawan yang hendak di makamkan ada aturan dan penempatannya. Jadi tidak asal asalan penempatan,” imbuhnya. [YD]