PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Seperti diketahui bersama, kucuran dana Kelurahan dari pemerintah pusat untuk Kelurahan yang ada di Kota Bengkulu nilainya cukup fantastis yaitu sebesar Rp23,58 miliar. Dana tersebut dibagi ke 67 Kelurahan di Kota Bengkulu dan per Kelurahan mendapatkan dana sebesar Rp352 juta rupiah.

Terkait kucuran dana ini, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bengkulu Emilwan Ridwan, SH,MH saat diwawancarai diruang kerjanya, Jumat (2/8/2019) mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan kucuran dana Kelurahan dari pemerintah pusat. Tentunya ini merupakan hal baru dan pihak Kelurahan mungkin akan mengalami kesulitan dalam hal penyusunan atau penggunaan dana tersebut. Terkait ini Kajari berharap pemerintah Kelurahan untuk berhati-hati dalam mengelola dana Kelurahan tersebut. Apalagi pemerintah pusat meminta pelaporan realisasi kinerja penggunaan dana Kelurahan lebih cepat.

“Kita berharap dari pihak pemerintah Kelurahan itu untuk selalu berkordinasi dengan stakeholder terkait, yang memiliki kemampuan teknis dalam pengelolaan dana tersebut,” ujar Emilwan Ridwan.

Kajari mengingatkan jangan sampai terjadi permasalahan hukum dikemudian hari seperti yang sudah banyak terjadi di daerah lain terkait dana desa yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Saya berharap pihak Kelurahan harus pro aktif berkordinasi meminta bantuan bagaimana bentuk pendampingan terkait kegiatan tersebut. Patut kita syukuri paling tidak bisa membantu pemerintah Kota untuk membantu proses pembangunan di Kota Bengkulu,” ungkap Emilwan Ridwan. [Anto]