Tersangka pembuat akun palsu Kapolda Bengkulu dilimpahkan ke Jaksa. 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu —Tersangka pemalsuan akun facebook Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman yakni Febi Gunawan terancam hukuman 6 tahun penjara setelah berkas perkaranya dilimpahkan dari penyidik Polda Bengkulu kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) gabungan Kejaksaan Tinggi Bengkulu dan Kejaksaan Negeri Bengkulu ke Kantor Kejaksaan Negeri Bengkulu, Senin (26/8/2019).

Eliyarmi selaku JPU mengatakan terdakwa dijerat dengan undang-undang ITE pasal 51 ayat 1 jucto pasal 55 masalah penciptaan akun Facebook atasnama Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman.

“Terdakwa terancam hukuman 6 tahun penjara,” kata Eliyarmi

Dijelaskan Eliyarni, berdasarkan pengakuan dari terdakwa sebelum dia menciptakan akun facebook Kapolda Bengkulu dua tahun lalu sudah pernah menciptakan akun palsu dan juga atas nama anggota polisi.

“Jadi ini yang kedua kali,” ucap Eliyarmi.

Dengan akun Kapolda ini, kata Eliyarni, terdakwa baru janjian dengan warga yang mana warga tersebut meminta tolong agar anaknya diluluskan dalam seleksi Bintara Polisi. Korban ada yang menyanggupi jika anaknya lulus memberikan uang 100 hingga 200 juta rupiah dan 300 juta rupiah. Sudah ada satu orang yang menstransfer uang sebesar 500 ribu rupiah.

“Sedangkan dua orang belum sempat mengirim uangnya kepada terdakwa,” terang Eliyarmi.

Sementara saat dimintai keterangan oleh JPU terdakwa mengakui bahwa sebelum membuat akun palsu dengan atas nama Kapolda Bengkulu dua tahun lalu pernah membuat akun facebook palsu yang juga mengatasnamakan kepolisian namun saat itu terdakwa belum mendapatkan keuntungan apa-apa. Sedangkan dengan akun palsu Kapolda Bengkulu terdakwa mengaku kepada korbannya bahwa bisa membantu meluluskan seleksi anggota polisi dengan meminta sejumlah uang.

“Untuk mencari keuntungan buk. Kemaren yang dijanjikan (Korban) 100 juta ,dan ditransfer 500 ribu,” ucap terdakwa. [Anto]