PedomanBengkulu.com, Seluma РKrisis air melanda warga Kelurahan Talang Saling Kecamatan Seluma dalam sepekan ini. Hal ini diakibatkan kemarau yang sudah hampir satu bulan lebih melanda wilayah Kabupaten Seluma.

Werti Nengsih (28) salah satu warga Rt 4 Kelurahan Talang Saling mengatakan, kekeringan ini sudah melandanya semenjak sepekan bulan ini, akibat panas yang sudah hampir satu bulan lebih.

“Sepeken ini sumur kami ada dua buah sudah kering semua. Hampir satu bulan lebih hujan tidak turun. Ada air sungai kecil yang kita menfaatkan, tapi kotor,” ujarnya, Selasa (20/8/2019).

Sampainya, penderitaan kekeringan air ini juga dirasakan warga lainnya, seperti halnya disampaikan oleh Yulaini yang kesehariannya sebagai Ibu Rumah Tangga(IRT). Setiap hari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti, mandi dan air minum, dirinya harus mengambil air yang jauh dari rumahnya.

“Kalau mandi dan air minum kita ambil ke tempat anak yang jaraknya sekitar 700 meter dari rumah, kalau untuk mandi kita cari di air sungai kecil, itupun airnya kini sudah kering karena sudah banyak yang ngambil kesana,” sampainya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Seluma Semenjak Tahun 2015 sampai dengan 2017 telah menggelontorkan anggaran miliaran rupiah, untuk pemasangan Pipa saluran Air Bersih PDAM. Namun, saat ini belum dirasakan masyarakat Seluma, pemasangan tersebut terkesan mubazir dan membuang anggaran.[YD]