IST/Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu direncanakan melakukan penetapan Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih hasil Pemilu serentak 17 April 2019 lalu pada besok hari Jum’at (9/8/2019).

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra saat dikonfirmasi membenarkan rencana penetapan caleg terpilih hasil pemilu 17 April 2019 lalu yang sempat mundur karena adanya gugatan dari beberapa Partai terkait hasil perolehan suara Pemilu.

“Kita rencanakan besok melaksanakan penetapan hasil pemilu 2019, karena kemarin sebelumnya sudah keluar putusan dari Mahkamah Konstitusi terkait gugatan partai politik yang dinyatakan gugur sehingga kita segera melaksanakan penetapan hasil pemilu legislatif 2019,” kata Irwan Saputra, Kamis (8/8/2019).

Saat ditanya tempat dan waktu pelaksanaan besok Irwan saputra mengatakan dilaksankan di Hotel Nala Sea Side.

“Besok kita laksanakan kegiatan penetapan di Hotel Nala pada pukul 14.00 Wib, besok kita akan tetapkan bersama dengan semua Partai Politik peserta Pemilu legislatif 2019 di Bengkulu,” tegas Irwan Saputra.

Ditambahkan Irwan Saputra selanjutnya masih ada lagi tahapan yang harus dilakukan KPU yaitu mengusulkan calon terpilih agar di SK kan oleh Mendagri.

“Agenda besok baru menetapkan legislatif terpilih untuk kemudian nanti diusulkan ke Mendagri untuk dikeluar SK,” tutup Irwan saputra.

Sebelumnya, Majelis Hakim (MK) menilai sebagian besar gugatan pemohon tak beralasan kuat. Seperti gugatan yang diajukan PPP materi gugatannya dianggap kabur, lantaran tak bisa membuktikan titik titik TPS yang dituding melakukan kecurangan.

Kemudian PKB seharusnya dilakukan oleh Ketua DPP PKB bukan oleh pengurus di daerah. Sementara gugatan yang diajukan Partai Golkar dianggap sudah kadaluwarsa, karena pengajuan melalui dpp pusat golkar sudah melebihi 3×24 jam dari batas waktu yang ditetapkan atau dalam arti lain tidak dapat diterima oleh MK. Untuk gugatan Partai Berkarya, dianggap gugur lantaran yang bersangkutan tak pernah mengahadiri sidang.

Diketahui, 4 Partai Politik dari 16 Partai Politik yang mengikuti Pemilu 2019 di Bengkulu yaitu Golkar, PKB, PPP dan Berkarya mengajukan gugatan hasil perolehan suara pemilu ke Mahkamah Konstitusi pada Mei 2019 lalu. [Yusuf]