PedomanBengkulu.com, Seluma – Pilkada Seluma akan kembali digelar pada tahun 2020 mendatang, bahkan tahapannya sudah dimulai jelang akhir tahun. Sejumlah Partai pemenang pemilu tahun ini tengah mempersiapkan Kader-kadernya untuk diusung ditugaskan menjadi Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup).

Seperti halnya, PDI Perjuangan Seluma yang saat ini baru akan melakukan pejaringan dan penyaringan baik Kader maupu Non Kader untuk diusung menjadi Cabup dan Cawabup. Sedangkan saat ini diketahui, Wakil Bupati Seluma Suparto yang merupakan Kader PDIP ini sudah siap maju untuk Calon Bupati Seluma pada pilkada 2020 mendatang. Hanya saja, sampai saat ini dirinya belum mendapatkan mandat dari Partai Moncong Putih tersebut.

“Belum ada siapa yang ditunjuk untuk dicalonkan sebagai calon Bupati, karena pada saat Munas beberapa waktu yang lalu hanya menentukan Ketua Umum DPP,” kata Suparto kepada wartawan, Rabu (14/8/2019).

Sampainya, walaupun saat ini DPP belum memberikan mandat, dirinya tetap optimis bahwa Partai akan memberikan mandat kepada dirinya untuk mengemban tugas sebagai Cabup Seluma pada Pilkada 2020.

“Intinya saya tetap optimis, kalau memang saya dipercaya oleh Partai maka saya akan maju, karena saya harus menurut apa yang diinginkan Partai,” ujar Suparto.

Dijelaskanngnya, Dalam penjaringan dan penyaringan Cabup dan Cawabup nantinya, siapa saja yang akan diusung oleh pihak partai, namun tetap berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Partai, dan itu harus diterima apapun yang menjadi keputusan dari pihak Partai.

“Nanti mereka akan lakukan survey, jadi kita tinggal terima saja keputusan yang diberikan oleh partai,” jelas Suparto.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Seluma, Nofi Eriyan Andesca mengatakan, dalam waktu dekat akan membuka penjaringan Cabup dan Cawabup pada Pilkada 2020 Kabupaten Seluma. Dengan membentuk Panitia penjaringan oleh DPC PDIP Seluma. Namun, dalam hal ini masih akan menunggu juklak juknis dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Dari hasil rekomendasi Kongres di bali belum lama ini, September tahun ini DPC ditugaskan melakukan tahapan penjaringan cabup dan cawabup, baik dikader maupun diluar kader. Untuk ditugaskan mencari koalisi yang sejalan dengan PDI perjuangan, “kata Nofi.

Sampai Nofi, Terkhusus Kader Partai berlambang banteng moncong putih itu DPC telah menyiapkan nama yang bakalan diusung, seperti Wakil Bupati Seluma Suparto, Ketua DPC PDIP Kota Bengkulu Mirza, Anggota DPRD Seluma periode 2014-2019 Kahiri Yulian, serta beberpa anggota fraksi lainnya yang akan ditigaskan sebagai Cabup dan Cawabup. Jadi semua kader partai semuanya berpeluang.

“Kita melakukan penjaringan mejalankan intruksi DPP Partai. Disana DPP Partai melangsungkan tahapan fit and proper test kemudian sekolah Partai, tentu ada beberapa kader Partai yang akan ikut dalam penjaringan. Keputusan ada di DPP siapa yang ditugaskan untuk menjadi Cabup dan Cawabup, tugas kita di DPC hanya melakukan penjaringan dan penyaringan, semua tahapan akan dilaksanakan di bulan September,”ujar Nofi. [YD]