PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah — Pertunjukan Wayang berkolaborasi dengan Dol Bengkulu merupakan rangkaian kegiatan HUT RI ke-74 yang diadakan Pemerintah Provinsi di Lapangan Desa Pekik Nyaring, Bengkulu Tengah pada Jum’at, (2/8/2019).

Acara yang dimulai sejak pukul 20.00WIB dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Ratusan warga hadir memadati lapangan tempat digelarnya pertunjukan wayang.

Tokoh masyarakat Jawa Bengkulu Suharto yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Bengkulu aktif dalam sambutannya sebelum pertunjukkan wayang dimulai mengungkapkan pagelaran wayang sebagai bentuk kecintaan masyarakat.

“Pagelaran wayang semalam suntuk dengan dalang Bayu Aji dengan Lakon: Sesaji Rojo Suyo, karena selama ini pimpinan pemerintah Provinsi Bengkulu selalu tersandung masalah hukum, mudah-mudahan arti sesaji bukan syirik tapi kami mengajak mari sama-sama kita masyarakat Bengkulu mendoakan agar Provinsi Bengkulu bisa dibangun seutuhya bisa menyejahterakan masyrakat Bengkulu,” jelas Suharto.

Ditambahkan Suharto kolaborasi wayang dan dol ini sebagai bentuk upaya menjaga budaya yang dimiliki bangsa indonesia.

“Kami masyarakat Jawa Bengkulu mengucapkan terimakasih atas digelarnya acara ini. Ini sebagai wujud menjaga budaya yang ada agar tidak dicaplok negara lain. Kolaborasi wayang dan dol ini semoga bisa ditingkatkan lebih besar lagi sehingga menjadi promosi wisata, yang menarik,” pungkas Suharto.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya menjaga budaya yang ada.

“Bangsa kita memiliki budaya yang begitu kaya dan beragam ini menjadi kewajiban kita untuk menjaga, salah satunya dengan mengkolaborasikan wayang dengan musik dol Bengkulu,” papar Rohidn Mersyah.

Antusias masyarakat yang menghadiri pertunjukan.

Ditambahkan Rohidin pertunjukan wayang ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT RI, selain itu ia juga menghimbau setiap warga agar memasang bendera di depan rumah masing-masing.

“Acara kita ini merupakan salah satu rangkaian memperingati HUT RI, saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk memasang bendera di setiap depan rumah kita sebagai bentuk penghormatan kita atas perjuangan para pahlawan memerdekan Indonesia,” jelas Rohidin sebelum menutup sambutannya. [Yusuf]