PedomanBengkulu.com Bengkulu — Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi optimis bahwa Kota Bengkulu kembali meraih dan mempertahankan penghargaan sebagai kota sehat tingkat Swasti Saba Wistara. Hal ini diungkapkannya usai memimpin rapat persiapan penyambutan Tim Penilai Kota Sehat di Ruang Hidayah, Kantor Walikota Bengkulu belum lama ini.

“Kita optimis tahun 2019 ini Kota Bengkulu kembali meraih penghargaan kota sehat Swasti Saba Wistara,” kata Dedy Wahyudi.

Keyakinan itu ia ungkapkan atas kesiapan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Bengkulu yang telah siap untuk mendukung semua tahapan dan persiapan penilaian kota sehat.

“Informasi yang diterima, Tim dari pusat akan melakukan penilaian pada tanggal 26-27 Agustus 2019. Kami memastikan semua tatanan yang menjadi penilaian sudah siap untuk dilakukan penilaian,” ujar Dedy Wahyudi.

Selain itu, sambung Dedy, Pemkot Bengkulu juga akan melakukan evaluasi pada semua tatanan penilaian sebelum tim penilai dari pusat tiba di Kota Bengkulu.

“Apa yang dirasa kurang, maka akan kita persiapkan demi mempertahankan Swasti Saba Wistara,” ujarnya.

Adapun 7 (tujuh) tatanan yang akan dilakukan penilaian, yaitu : Pemukiman, sarana dan prasarana umum sehat,  kawasan sarana lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan industri & perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Untuk diketahui, dalam rapat ini turut hadir Ketua Forum Tim Kota Sehat dan anggota, dan para Kepala OPD di lingkungan Pemkot Bengkulu.

Sebelumnya, Pemkot Bengkulu pernah meraih penghargaan kota sehat Swasti Saba Padapa ditahun 2013, Swasti Saba Wiwerda ditahun 2015, dan Swasti Saba Wistara ditahun 2017. [MC/Yusuf]