PedomanBengkulu.com, Seluma – Tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Seluma saat ini sudah mulai dilaksanakan, saat ini panitia Pilkades di setiap desa yang mengikuti pilkades serentak tahun ini tengah melakukan penjaringan terhadap calon kepala desa.

Tahun ini sebanyak 85 Desa di Kabupaten Seluma yang melaksanakan Pilkades serentak. Untuk jumlah peserta Cakades saat ini belum dapat diketahui. Setelah digelar penetapan pada tanggal 31 Agustus baru akan diketahui jumlah cakades yang mengikuti bursa Pilkades.

“Untuk jumlah keseluruhan calon, kita masih menunggu hasil penetapan dari panitia desa yang baru akan menetapkan pada akhir Agustus,” kata Hasdi Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Seluma, Rabu (21/8/2019).

Sampainya, saat ini masih penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), semua masyarakat nantinya akan didata ulang oleh pihak panitia, hal ini juga berlaku pada calon Kepala Desa, yang juga didaftarkan untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

“Sekarang juga sedang pendataan DPT, dimana semua panitia sedang mendata ulang masyarakat di desa terkait, untuk dapat menggunakan hak pilihnya,” ujar Hasdi.

Dijelasakannya, bahwa yang berhak memilih adalah warga yang benar-benar tinggal di desa tersebut, atau bisa juga dibuktikan dengan adanya KTP El dan juga surat berdomisili lainnya, yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Intinya kita akan data warga yang tinggal di desa setempat, dengan dibuktikan oleh KTP Elektronik atau surat domisili lainnya,” jelas Hasdi.

Sedangkan, pencoblosan Pilkades digelar pada tanggal 7 November mendatang, akan dibuka jam 7.30 sampai jam 13.00 Wib, dan jika belum selesai pada waktu yang telah ditetapkan namun warga yang belum mencoblos ada ditempat, maka akan tetap dilanjutkan hingga semuanya selesai. [YD]