PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIKOM) Universitas Bengkulu kembali menggelar Pekan Ilmu Komunikasi Tahunan (PILKITA) edisi yang ketiga. Kali ini, PILKITA mengusung tema ‘Communication Beyond Limit’.

Kordinator acara, Erlan mengatakan bahwa PILKITA kali, ia berharap dapat lebih sukses dari acara sebelumnya, sehingga eksistensinya dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Rangkaian acara PILKITA kali ini semoga bisa lebih sukses dan dapat lebih baik lagi dari sebelumnya, sehingga eksistensi PILKITA dapat lebih dikenal oleh orang luar,” ujar Erlan, Jumat (2/8/2019).

Selain itu, Erlan berharap bahwa partisipasi semua kawan-kawan yang terlibat, sangat diperlukan dalam menyukseskan acara ini, karena acara PILITA kali ini sangat berbeda dengan acara sebelumnya.

“Untuk semua kawan-kawan bisa ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini. Dan untuk PILKITA tahun ini juga kita lebih ke kajian komunikasi, lebih ke intelektualnya di basic komunikasi sendiri, itu mungkin yang membedakan PILKITA tahun ini dengan tahun yang sebelumnya,” tambahnya.

Diketetahui, Pekan Ilmu Komunikasi Tahunan merupakan acara besar yang dilaksanakan setahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu. [Tantri Surini dan Hengki Putra jaya]

Ada beberapa rangkaian acara PILKITA diedisi yang ketiga, diantaranya yakni:

1. HIMIKOM Futsal Competition (HFC)
Kegiatan Futsal Competition ini bertujuan untuk mengajak anak-anak muda untuk mengasah skillnya. Lomba HFC ini akan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Agustus 2019 dengan hadiah berupa uang penghargaan berjumlah jutaan rupiah, piala serta sertifikat.

2. SCHRAMM (Lomba Fotografi)
Lomba fotografi ini untuk menguji skill dalam bertanding SCHRAMM (Soul Of Cinema And Photography Diagram) dengan mengusung tema ‘Indonesia dengan Teknologi’ (Human Interest) serta menghadirkan juri yang berpengalaman dan berkompeten dibidang fotografi.
Adapun jurinya, yakni;
-Koko Kris (walkin 9)
-Mas Arif (kelas kecil project)
-Pak Delfan Eko Putra S.I.Kom., M.I.Kom (Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNIB)

3. WEAVER
‘We Are Advertiser’ merupakan pelatihan desain komunikasi visual. Kegiatan ini sendiri akan dilaksanakan di Radio Republik Indonesia dengan Pemateri yang sangat menarik, yakni Yurika Art.

4. E-SPORT
PILKITA juga mengadakan kegiatan untuk para pecinta game online, dimana game yang akan di perlombakan adalah:
-PUBG MOBILE
-DOTA 2
-AUTO CHESS
-MOBILE LEGENDS

5. PILKITALK
Kegitan ini adalah Talkshow Nasional dengan narasumber seorang Youtuber muda kebanggan Indonesia, Agung Hapsah. Talkshow ini sendiri bertema ‘What Is loT and The Connection to Film Making Industry’ yang akan terlaksana di Gedung Serbaguna UNIB.

6. DECADE
Debate Of Communication Arcade (DECADE) kali ini mengusung tema “Bijak Bermedia untuk Indonesia Lebih Baik”. Lomba ini di peruntukkan untuk kamu yag suka mengikuti debat dan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2019, di Ruang Pertemuan Dekanat Fisib Unib.

7. WEBER
Acara ini di bagi menjadi dua sesi:
– Lomba (Vlog)
Lomba ini dengan tema; ‘Eksistensi Radio di Era Digital’ kompetisi ini di peruntukan untuk pelajar dan mahasiswa seluruh Indonesia.
– Pelatihan.
Pemateri pelatihan ini yakni alumni pertukaran pemuda antar negara untuk program Ship For Southeast Asian and Japanese youth program tahun 2018, Deny Kurniawan. S.E.

8. LASWELL (Lomba Jurnalistik)
Kegiatan ini yakni Lomba Nasional ‘LASWELL’ (Journalism As Well) dengan tema Masyarakat Era Digital.

9. COBRA (Communication Bazar Of Randomly)
Untuk meramaikan acara ini PILKITA juga mengadakan kegiatan berupa bazar.

10. Malam Puncak
Di PILKITA juga akan diadakan malam puncak sekaligus pembagian hadiah bagi para jawara di setiap ajang perlombaan yang ada di PILKITA, akan diadakan pada tanggal 31 Agustus 2019.