PedomanBengkulu.com, Bengkulu – PAUD IT Intan Insani yang beralamat di Perumnas Unib Kecamatan Muara Bangkahulu, mendapat pendampingan dan pelatihan serta pendidikan dari tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu, yakni Wagini, SE, M.Ak dengan anggotanya Nia Indriasari, M.M.

Kepada PedomanBengkulu.com, Jum’at (16/8), Wagini menuturkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu tata kelola PAUD IT Intan Insani agar menjadi lebih baik dan optimal.

“Agar nantinya PAUD ini mampu menjadi PAUD yang berkualitas untuk mewujudkan stimulasi yang optimal. Saat melakukan pendampingan kami menerapkan dua metode, yakni pelatihan dan pendidikan,” imbuhnya.

Wagini menjelaskan berikut rangkaian pendampingan yang dilaksanakan:

1. Pemberian pendampingan program pendidikan dan pelatihan tata kelola administrasi dan kelembagaan berupa diklat pengorganisiran file dan penertiban manajemen kelembagaan dengan baik berdasarkan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

2. Pemberian pendampingan program pendidikan dan pelatihan serta aplikasi mengenai metode pembelajaran yang tepat pada para guru agar ada peningkatan kompetensi guru yang signifikan pada pelayanan pembelajaran pada anak-anak kelompok PAUD IT Intan Insani menjadi lebih baik dan optimal.

Kegiatan pendampingan dilakukan pada tanggal 26 April 2019 dengan mengundang narasumber pertama dari pengawas PAUD di Pemerintahan Kota Bengkulu, Ibu Dra. Ely Marni, M.Pd dan Dra. Lesmi Hartati M.Pd sebagai narasumber kedua.

“lalu pendampingan yang ketiga dilakukan pada tanggal 27 Juli 2019 dengan mengundang Ibu Dr. Nina Kurniah, M.Pd selaku Dosen Prodi S1 PAUD di Universitas Bengkulu,” jelasnya.

Menurutnya, berikut kesimpulan yang dihasilkan dari kegiatan PKM:

1. Kepala Sekolah dan Guru-Guru PAUD IT Intan Insani menyambut baik kegiatan PKM ini untuk pembenahan tata kelola administrasi dan kelembagaan serta peningkatan kompetensi sumber daya pengajar guna mencapai tujuan mewujudkan PAUD IT Intan Insani yang berkualitas.

2. Pelaksanaan PKM untuk pembenahan tata kelola administrasi dan kelembagaan serta peningkatan kompetensi sumber daya pengajar berupa pemberian pendidikan dan pelatihan, mulai dari awal hingga sekarang berjalan baik dan lancar ditandai dengan adanya antusiasme dan keingintahuan yang besar dari pihak sekolah baik Kepala Sekolah dan para Guru dalam kegiatan pengabdian ini.

3. Kepala Sekolah dan para Guru menginginkan kegiatan pengabdian seperti PKM ini untuk tahun berikutnya diadakan kembali agar membekali peningkatan tata kelola administrasi dan kelembagaan serta peningkatan kompetensi sumber daya pengajar guna perwujudan PAUD IT Intan Insani yang berkualitas.

‚ÄúSemoga kedepannya PAUD IT Intan Insani dapat menjalankan perannya dengan baik sehingga dapat melahirkan generasi yang cerdas demi menuju Bengkulu yang gemilang dan tidak lupa tim pengabdian mengucapkan terima kasih kepada DRPM Kemenristekdikti, yang telah mendanai Program Kemitraan Masyarakat. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unived Bengkulu dan semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian,” tutupnya. [Nurhas]