PedomanBengkulu.com, Seluma – Wilayah Jakarta dan sekitarnya diguncang gempa berkekuatan 7,4 magnitudo, Jumat (2/8) malam. Berdasarkan informasi BMKG, titik gempa berada di 147 kilometer barat daya Sumur, Banten.

BMKG memastikan gempa yang terjadi sekitar pukul 19.03 WIB itu berpotensi tsunami di beberapa daerah di Banten, Lampung, Jawa Barat dan termasuk di Bengkulu. Sedangkan Kabupaten Seluma juga ikut waspada sunami.

Mengenai hal tersebut, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Seluma, Pauzan Aroni menghimbau kepada warga pesisir di Kabupaten Seluma untuk tidak panik. Namun, tetap waspada. Sedangkan untuk warga yang mengungsi belum ada.

“Kita sudah informasikan kepada tim dilapangan, untuk terus memantau kondisi di setiap desa pesisir. Dan menghimbau kepada warga untuk tidak panik dan tetap tenang dan waspada dan saling berkordinasi. Untuk mengungsi saat ini memang belum ada,” kata Pauzan saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 02 Agustus 2019.

Namum, informasi yang didapat media ini, dari salah satu warga mengatakan, bahwa saat ini sudah ada sekitar 25 warga mengungsi ke daerah desa Tanah Abang untuk mengamankan diri sampai ada informasi dari BMKG terkait status amanĀ  Tsunami.

“Kami mengungsi ke tematang Karas desa tanah abang, ada tiga mobil termasuk saya. Sekitar 25 KK, dari pada was-was lebih baik kami mengungsi,” kata salah satu warga desa rawah indah Kecamatan Ilir Talo, Adi Wijaya. [YD]