PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 74, Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar berbagai kegiatan sakral. Acara ini akan dimulai besok pagi pukul 05.30WIB hingga malam pukul 22.30WIB, Sabtu (17/8/2019).

Adapun berbagai acara yang digelar antara lain, Groundbreaking Monumen Fatmawati, Pelepasan Kirab Bendera Merah Putih, Upacara Detik-detik Proklamasi, Upacara Penurunan Bendera dan Malam Resepsi Peringatan HUT ke-74 RI.

Dimulai pukul 05.30 WIB, seluruh tamu undangan, termasuk di dalamnya Forkopimda/FKPD, Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD, BUMN dan Keluarga Fatmawati akan berkumpul di Depan Masjid Baiturrahim Simpang Lima Kota Bengkulu.

Dilanjutkan dengan acara Groundbreaking Monumen Fatmawati dengan peletakan batu pertama Monumen Fatmawati disusul dengan pelepasan kirab Bendera Merah Putih oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Dalam kegiatan Kirab Bendera Merah Putih akan dilangsungkan dari Rumah Fatmawati Menuju Kantor Pos Barukoto/Kampung dengan pakaian bernuansa merah putih.

Selanjutnya, dijadwalkan sekitar pukul 07.30 sd 07.45WIB akan digelar prosesi Pengibaran Bendera Merah Putih di lokasi pertama kali Bendera Merah Putih dikibarkan di Kantor Pos Barukoto/Kampung.

Setelah itu, sekitar pukul 07.50 WIB, rombongan akan menuju Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu untuk ganti pakaian di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu.

Setelah itu, masuk pada acara inti yaitu Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi akan dilangsungkan pada pukul 09.00 WIB dan ditargetkan akan selesai pukul 10.30WIB.

Tepat di hari yang sama ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga akan memberikan Remisi kepada Warga Binaan Lapas Kelas IIa Bentiring dan akan dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB. Setelah itu, rombongan akan makan siang bersama di Lapas Kelas IIa Bentiring

Sore harinya, sekira pukul 16.30WIB, rombongan akan berkumpul di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu Bersama Forkopimda/FKPD dan persiapan untuk Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, serta akan ditutup dengan Malam Resepsi dan Syukuran HUT ke-74 RI.[Deni Dwi Cahya]

Perlu diketahui, dalam kegiatan Kirab Bendera Merah Putih juga akan dilakukan penutupan arus lalulintas di area berikut ini, yaitu :
1. Simpang Skip mengarah ke Simpang 5;
2. Simpang Lupis Penurunan mengarah ke Simpang 5;
3. Area SD 02 Penurunan;
4. Simpang 5 arah jalan Fatmawati;
5. Simpang 4 Horisson mengarah Simpang Lupis;
6. Depan Bung Karno;
7. Simpang Masjid At Taqwa (ke arah Simpang Horison dan ke arah Bung Karno);
8. Simpang Kebun Geran (khusus pada saat Kirab melintas);
9. Depan BTN samping Masjid Jamik ke arah Pintu Batu;
10. Simpang Butinara (pada saat Kirab melintas);
11. Simpanh Dokkes (Pada saat Kirab melintas);

Di Balai Semarak :
1. Tugu BI ke arah Polres;
2. Depan Benteng ke arah Tugu Thomas Parr;
3 Kampung Cina ke arah depan Benteng;
4. Simpang Gereja Santo Yohanes ke arah Balai Semarak;
5. Simpang SD 1 ke arah Kantor Pos; dan
6. Masjid Barukoto ke arah Tugu Thomas Parr.