PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Setelah proses pembangunan jembatan di jalan baru penghubung RT 16 Kelurahan Padang Serai dengan RT 19 Selesai. Kini Anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0407Bengkulu terus gencar menyelesaikan pekerjaan fisik lainnya salah satunya drainasi disisi kanan kiri jalan baru, Senin (5/8/2019).

“Sembari menunggu lantai jembatan kering pasca dicor, Satgas bersama masyarakat kita kerahkan membuat drainase di sisi kiri dan kanan jembatan,” ungkap Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Satgas TMMD, Kapten Inf. Sumardi.

Pembuatan drainase, lanjut Sumardi, bertujuan agar pada waktu hujan, air dari drainase di kiri kanan jalan tidak menyebabkan pondasi jembatan bergeser.

“Kalau sampai bergeser, maka jembatan yang dibangun dalam kegiatan TMMD terancam tidak bisa bertahan lama,” tegasnya.

Bisa-bisa, sambung Sumardi, nantinya jembatan menjadi amblas, akibat bergeraknya pondasi jembatan. Kemudian pembuatan drainase di kiri dan kanan jembatan, juga bertujuan mencegah terjadinya longsor pada tanah tempat tertanamnya pondasi jembatan.

“Kita yakin dengan bertambahnya tenaga baik dari kalangan Satgas ataupun masyarakat dalam pembuatan drainase, maka pengerjaannya bisa diselesaikan tepat waktu,” singkatnya. [ Anto ]