PedomanBengkulu.com, Seluma РStrengthened Indonesian Reselience Reducing Risk From Disasters (STLRRRI) yang merupakan kerjasama antara Universitas Gajah Mada dengan Giosciency Society (GNS) Lembaga Penelitian di Selandia Baru, tentang penguatan ketangguhan Indonesia melalui pengurangan resiko bencana.

Phill Glesley Perwakilan dari Giosciency Society (GNS) Selandia Baru, dalam kunjunganya ke Kabupaten Seluma merupakan kali keduanya, dan kedatangannya untuk kali ini masih dengan urusan yang sama untuk menguatkan kerjasama dalam bidang penanggulangan bencana.

“Saat pertama kita datang ke Seluma, pada saat itu baru melakukan Sosialisasi namun untuk yang kedua ini, pihaknya sudah akan merencanakan aksi kedepannya,” sampai Phill Glesley, kepada wartawan, Jumat 2 Agustus 2019.

Menurutnya untuk menyikapi bencana yang kemungkinan terjadi, bukan menjadi tanggung jawab BPBD saja, namun ini menjadi tanggung jawab bersama, oleh karena itu pihaknya datang untuk nelihat progres kerjasama tersebut.

“Jadi untuk menyikapi bencana yang ada, ini merupakan tanggung jawab bersama, dan ini salah satu tujuan kita datang lagi ke Seluma untuk melihat progres kerjasama tersebut,” sampainya.

Sementara itu, Kepala BPBD Seluma, Arben Muktiar mengatakan, bahwa dari program ini kita dapat mensosialisasikan kesigapan dalam menghadapi bencana, ini merupakan tanggung jawab secara bersama.

“Kita kan sudah mendengar, bahwa BPBD ini merupakan kepala saja namun untuk atasi bencana yang ada ini merupakan tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Untuk kedepannya, dari kerjasama tersebut akan dibentuk forum penanggulangan resiko bencana mulai dari tingkat terendah, sehingga setiap ada kejadian bencana yang ada di Kabupaten Seluma, semua lini akan sigap untuk menghadapinya.

“Hasilnya nanti kita akan bentuk forum penanggulangan bencana, dan akan kita bentuk mulai dari tingkat terendah,”imbuhnya.[YD]